Rabu, 30 Mei 2012

Menangis , Bermanfaatkah …??




Bismillahirrohmanirrohiim.


Menangis , adalah sesuatu yang hampir semua orang pernah melakukannya. Ini bisa terjadi ketika seseorang merasa sakit secara fisik maupun sakit secara mental, bahkan disaat bahagia pun orang dapat saja menangis. 

Dengan kata lain menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi seseorang. Dan sepertinya menangis tidak hanya terjadi pada anak - anak saja, atau juga tidak hanya dilakukan oleh kaum perempuan saja, tapi memang sih perempuan lebih sering menangis di bandingkan laki- laki. Rata – rata, perempuan menangis sebanyak 47 kali dalam setahun, sedangkan laki-laki hanya 7 kali setahun. 


Di masyarakat telah membentuk opini bahwa perempuan lebih emosional, lebih lemah dibandingkan pria. Tapi ada fakta medis yang mengatakan bahwa saluran air mata perempuan lebih besar di bandingkan laki-laki.  Apakah  karena ini juga ya,  yang menyebabkan perempuan lebih mudah mengeluarkan air matanya alias menangis …?? 

Aah, tidak penting lah siapa yang lebih mudah menangis, yang terpenting kita lihat yuk, apa sih manfaat dari mengekspersikan emosi dengan cara MENANGIS..?? 

Air mata yang keluar tersebut berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, yang menyebabkan iritasi mata . Namun air mata yang dikeluarkan karena iritasi memiliki komposisi yang berbeda dengan air mata emosional. 

Menangis adalah cara untuk mengurangi stress emosional. Hal ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan, karena stress bisa memberikan dampak negative bagi kesehatan. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa air mata mengandung hormone PROKLATIN yang efektif untuk melawan stress. Maka menangis bisa membuat sehat dan menghilangkan stress. 


Apalagi  menangis itu dilakukan  dalam sujud dan do’a pada Ilahi di pengujung malam, akan kita dapatkan ketenangan bathin yang begitu indah. Allah sangat menyanyangi hambanya yang disetiap penghujung malam, menangis memohon ampun –Nya, berdo’a , berserah diri pada-Nya. Oleh karena itulah  ibadah yang dilakukan oleh seseorang dimana sebagian orang  terlelap dalam tidurnya, ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Dilimpahkan Rahmat-Nya, diberikan ketenangan jiwa, sehingga memberi dampak yang luar biasa pada kesehatannya seperti normalnya tekanan darah dan terhindar dari penyakit Jantung serta penyakit - penyakit lainnya.

Nah, mulai sekarang tak usah ragu dan malu ya untuk menangis. 






3 komentar:

  1. Aku kalau mau nangis tak bisa ditahan Mbak, kadang suka malu dibilang cengeng :)

    BalasHapus
  2. betul mbak kadang ada rasa gengsi jika ketahuan menangis, lagi menangis itu menjadi penting untuk menyalurkan luapan emosinya, katanya ada yang bilang setelah menangis perasaannya menjadi plong, apa betul begitu?

    BalasHapus
  3. klo mau nangis hrs ngumpet2 biar ga malu, hehee bcanda :p
    mnrtku bebas aja kok, itu salah satu ungkapan ekspresi diri jg kan :)

    BalasHapus