Jumat, 22 Juli 2011

Investasi yang tak merugi

Bismillahirrahmanirrahiim, 
Assalamu'alaikum ...sobat semua ..^_^

Investasi dalam bentuk apakah yang terbaik dan  tak pernah merugi...?  Jawabannya adalah  SEDEKAH Kita harus menyakini itu 100% , banyak sekali kelebihan dari investasi ini. Mengapa demikian…. ??? karena kita berinvestasi pada Allah SWT, yang mempunyai rumus matematika  atau ilmu ekonomi yang sangat berbeda dengan yang kita pelajari. Jika kita menggunakan matematika yang kita pelajari 10 – 1 pastilah jumlahnya 9, tapi akan berbeda dengan matematikanya Allah SWT 10 – 1 jumlah bisa menjadi 19, 29, 39 atau mungkin lebih, karena Allah melipat gandakan investasi yang kita tanam, yakni 2 kali lipat, 10 kali lipat, bahkan 700 kali lipat,  ngak percaya khan..??? ya.. itulah keistimewaan berinvestasi dalam bentuk bersedekah.

Nasehat dari Khalifah Ali Pancinglah rezekimu dengan sedekah. Ada yang perlu kita koreksi dalam kita bersedekah, yakni… akan baru bersedekah jika kita berkelebihan, ternyata itu benar- benar keliru. Jika kita mengamalkan nasehat Khalifah Ali, maka kita akan bersedekah terlebih dahulu  untuk meraih rezeki yang luar biasa yang akan Allah berikan, bukan setelah Allah memberikannya yang berlebih, baru bersedekah.

Sering dalam kita mengatur keuangan kita, amplop sedekah baru terisi jika kita merasa ada kelebihan keuangan pada bulan itu, oh  no… ternyata kita benar-benar keliru selama ini, seharusnya gimana donk..??. Yang terbaiknya adalah : kita mengisi terlebih dahulu amplop untuk sedekah itu terlebih dahulu, barulah sisa dari keuangan kita tersebut kita bagi-bagikan sesuai dengan post –post kebutuhan harian kita, sehingga barulah kita mendapatkan rezeki yang luar biasa dan  tak terduga dan mungkin tak masuk akal bagi pemikiran kita. Itulah keistimewaan bersedekah.


Dan ada lagi nih sobat kekeliruan kita nih….
“Sedekah itu seikhlasnya saja, sedikit gak apa-apa, yang penting ikhlas, atau Ah … gak perlu banyak deh ntar dikatakan riya lagi, menyombongkan diri…atau mungkin gak selalu sedekah uang khan..?? senyum pun juga udah sedekah”.

Menurut sobat gimana tuh ..!!!
Jika kita sudah tahu bahwa ini adalah investasi yang luar biasa, apakah kita masih saja mau menanamkan investasi kita dengan angka terkecil..?? Ya dengan kata lain … kalo investasinya uang receh kembalinya pasti uang receh juga khan…..iya toh !!!
  • Kalau kita bersedekah Rp 100.000, maka akan dibalas Rp 1.000.000 atau setara
  • Kalau kita bersedekah Rp 1.000.000, maka akan dibalas Rp 10.000.000 atau setara

So…. Kita mau menanamkan investasi berapa nih…… untuk mendapat balasan yang besar..?? Artinya, makin banyak investasi yang kita tanam, makin banyak juga khan balasan dari investasi yang  kita telah kita tanam. Maka janganlah kita hanya menggunakan hitungan 2,5 % dari pendapatan kita, mengapa kita tidak mencoba menjadi 10 % kemudian meningkat menjadi 15 % dan terus meningkat dan jangan membenarkan diri dengan alasan bahwa sedekah yang besar hanya untuk orang kaya saja.

Oh ya … berinvestasi dalam bentuk sedekah juga memberikan keuntungan lain loh, diantaranya:
  • Melunasi utang
  • Mengatasi kerugian
  • Mengatasi kebankrutan
  • Meningkatkan profit
  • Meningkatkan omzet
  • Meningkatkan karier
  • Meluaskan relasi
  • Memudahkan urusan
  • Menyembuhkan penyakit
  • Memanjangkan umur
  • Menolak bala

Dan banyak lagi loh manfaatnya.  Jadi sedekah dapat menjadi….
  •  Bankir pribadi, karena memudahkan keuangan kita
  •  Dokter pribadi, karena memelihara kesehatan kita
  •  Bodyguard pribadi, karena memelihara kita dari bala
  •  Asisten pribadi, karena memudahkan urusan-urusan kita

    Sobat…. Ada nih kejadian aku dan Yoga alami, walau dia anak tunggal aku selalu menanamkan untuk selalu berbagi, ceritanya gini nih… waktu aku kopdar dengan mbak Ami di Malioboro Mall kami didatangi oleh seorang ibu dan meminta uang dari kami, Alhamdulillah .. tanpa ku suruh, Yoga dengan spontan  mengeluarkan uang dari tasnya dan memberikan uang itu kepada ibu tersebut. Dan setelah itu kami lupakan.

    Di saat Yoga akan melaksanakan shalat Dzuhur di mesjid  sekitar Malioboro, waktu kami turun tangga , aku dan Yoga dikagetkan dengan sapaan lembut dari seorang Ibu “ Bu… hati-hati ya… menyimpan sepatu anaknya kalau masuk  kedalam mesjid, ibu simpan dikotak penyimpanan yang rapat, karena disini banyak pengunjung yang kehilangan sepatunya”, sobat tahu gak siapa ibu tersebut…?? Ya benar sekali… dia adalah ibu yang tadi menemui kami di Mall itu. 

    Setelah Yoga selesai menjalani shalatnya, langsung  kujelaskan pada Yoga manfaat dari dia memberi uang kepada ibu tersebut, dengan hanya Rp 5.000 tapi sepatu Yoga yang berharga Rp 400.000 tidak hilang akibat dari keteledoran, sebab telah diingatkan oleh ibu tadi. Dan Yoga sangat bersyukur sekali telah diingatkan oleh ibu tersebut, sebab sepatu itu Yoga beli dari uang tabungan beberapa bulan, Yoga merasakan banget uang yang dia kumpulkan sedikit demi sedikit demi mendapatkan sepatu yang sudah lama dia idam-idamkan. 

    Alhamdulillah….  Yoga mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga dan Yoga menjadi semakin mengerti manfaat sedekah, bahwa sedekah menjauhi / menolak kita dari BALA.

    Jika kita mengalami kesulitan, segerakanlah bersedekah dan bersedekah dalam jumlah banyak, maka kita akan mendapatkan jalan kemudahan  dalam menyelesaikan masalah kita  (sedekah telah menjadi Asisten pribadi). Begitu juga jika kita dalam keadaan sakit bersedekahlah… maka kita dapat sembuh walaupun kita tidak kedokter ( sedekah telah menjadi dokter pribadi). Ya … begitu ajaibnya sedekah itu.

    Yuk … kita berfoya-foya dalam bersedekah…. Kita tinggalkan sedekah minimalis itu.  Setuju khan sobat … ^_^.


    17 komentar:

    1. subhanallah,..aku setuju banget dg yg satu ini,..
      bersedekah memang suatu bentuk investasi yg tak bs diukur dlm bentuk matematika..:) karena hanya Allah saja lah yg Maha Pintar

      BalasHapus
    2. setuju banget mbak, aku uda mersakannya, Tuhan emng membalasanya berlipat2 tanpa kita duga2...

      mbak nice post,, dan mkasih uda mengingatkan :)

      BalasHapus
    3. Makasih yan...semakin diingatkan, dan mendetail lagi....Dan InsyaAllah...Alhamdulillah hal seperti ini kami selalu di ingatkan....maklum kita tinggal/tmpt usaha di pinggir jalan..jd otomatis setiap hari ada yg dtg (berbagai macam cara)...

      BalasHapus
    4. buat nak kuliah seperti saya kok susah banget ya mau sedekah..makasih atas postingannya

      BalasHapus
    5. setuju sekali mbak ndak ada ceritane dengan sedekah membuat orang miskin,justru sebaliknya rezeki bertambah subur dan makmur
      salam kenal & follow

      BalasHapus
    6. sedekah juga memerperat tali persaudaraan lo Kak,,terima ksih atas referensi tentang sedekah ini Kak...

      BalasHapus
    7. setuju... begitu bnyak yg tersia-siakan tanpa diseekahkan. astaghfirullah

      BalasHapus
    8. Yuk aku ikutan, apa lagi bentar lagi mau puasa.. harus banyak-banyak ber investasi untuk bersedekah B)

      BalasHapus
    9. sepertinya komenku semalam gak muncul ya bun.

      BalasHapus
    10. wah.. ibu sih enak.. udah sedekah ilmu tiap hari.. hehe

      BalasHapus
    11. alangkah indah orang bersedekah dekat dengan Allah dekat dengan Surga
      Takkan berkurang harta yang sedekah
      Akan bertambah...akan bertambah

      BalasHapus
    12. Sepakat Mbak, mari kita berfoya2 menanam investasi yang tak pernah rugi ini. Apalagi sebentar lg Ramadhan, makin berlipat pat balasannya ;)

      Salam untuk Yoga...

      BalasHapus
    13. makasih, setelah membaca postingan ini saya jadi sadar dan paham barangkali sedekah akan bsa menyelamatkan kita dari kemiskinan ataupun kefakiran. Hehe makasih setidaknya sudah mengingatkan saya...

      BalasHapus
    14. setuju..harus banyak memberi sehingga Tuhan akan berkati berlipat ganda. Tapi saat memberi jangan berharap mendapatkan banyak. harus iklas intinya

      BalasHapus
    15. Setuju sekali kalau dikatakan itu investasi yang menguntungkan karena pahala bersedekah itu sangat tinggi apalagi kalau bulan ramadhan nanti

      BalasHapus
    16. assalamu'alaikum terlambat ... maaf Mbak soale banyak nyangkul ndik sawah
      ----
      Bagaimanapun kalo kita menganggap ibadah berdasarkan untung rugi, maka jelas ibadah kita ndak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kenikmatan yang kita dapatkan.
      namun,
      adakalanya kita memang harus membuat hitungan matematika dalam menjalankan kebaikan dengan tujuan untuk mengobarkan semangat beramal shaleh.

      BalasHapus