Minggu, 24 Agustus 2014

Buku Beningkan Hati Dengan Al-Quran

Bismillahirromanirrohim

"Pengen menulis dan dibaca banyak orang karena memberi banyak manfaat" .... itu adalah sesuatu keinginan yang pernah terbesit di hati saya beberapa tahun yang lalu, ini berawal disaat saya sedang mencari sesuatu di Google. Dengan kemajuan media saat ini, kita bisa saja mendapatkan informasi dengan mudah, banyak tangan-tangan kreatif yang melahirkan informasi yang kita perlukan disana.

Disetiap saya mencari informasi di Google, selalu saja terselip keinginan untuk ikut berbagi informasi kepada orang lain melalui dunia maya tersebut.....pengen berbagi sesuatu yang bermanfaat, tapi terselip juga suatu keraguan...."bisa nggak yah saya seperti mereka yang terampil sekali menulis?"

Tak lama kemudian saya berkenalan dengan namanya "blog" suatu media yang memberi ruang untuk menulis dan tulisan tersebut dapat dipublikasikan dengan mudah. Dengan pengetahuan "nol besar" saya ikutan membuat blog, semuanya saya lakukan dengan otak-otik sendiri, nggak tau dengan siapa bertanya. 

Ternyata "menulis" itu tidak semudah saya bayangkan, sering banget saya "mati gaya" disaat mulai menuangkan pemikiran saya kedalam tulisan, sempat putus asa juga sih "ah saya nggak bakat nih menulis" ..... akhirnya saya hiatus dalam waktu yang lama banget hampir 2 tahun. 

Alhamdulillah saya punya teman yang sayang sekali pada saya seperti mbak Reni yang dengan sabar membangunkan saya disaat saya tidur lama alias lama tidak membuat artikel baru. Bagi saya beliau adalah orang yang sangat membantu sekali membangun semangat saya untuk menulis. Bagi saya , dia adalah orang yang berhati mulia.... tidak pernah bosan dan jenuh membangunkan saya, sebab saya hiatusnya nggak hanya sekali saja tapi berkali-kali, namun mbak Reni terus saja membangunkan saya ....seperti seorang ibu membangun anaknya untuk berangkat sekolah.....kebayangkan bagaimana kita membangunkan anak-anak kita bangun di pagi hari.... ada kalanya mudah dan ada kalanya susah membangunkannya, tapi kita tidak pernah berhenti untuk membangunkannya..... seperti itulah beliau..... bersyukur sekali saya mengenal beliau, walau belum pernah bertemu langsung. 

Dengan kemampuan yang amat terbatas, saya berusaha menuangkan suatu pemikiran dalam sebuah artikel sederhana, saya hanya punnya modal "menulis dengan hati" sebab saya tidak punya pengetahuan tentang cara menulis yang baik dan tidak punya pengetahuan tentang blog, semua saya lakukan dengan cara saya yang amat sederhana....saya hanya punya kekuatan sebuah niat "ingin berbagi".... itu saja yang saya miliki.

"Ingin berbagi" yang menjadi alasan saya memiliki blog, saya jadikan blog itu sebagai ladang ibadah bagi saya, maka saya menulis mengharapkan Ridho Allah SWT, terselip harapan setiap jari-jemari menari menghasilkan karya sederhana dapat memberi manfaat untuk sesama. Saya tidak begitu memperdulikan rangking blog saya, saya juga tidak mengerti apa itu SEO dan bagaimana memanfaatkannya di blog, yang selama ini saya  lakukan adalah menulis hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk sesama.

Mbak Reni sangat mengenal warna blog yang saya hadirkan, itulah yang menjadikan alasan beliau memaksa saya mengikuti kontes  menulis 1 hari 1 ayat selama 1 bulan. Seperti biasanya saya selalu menolak, apalagi harus menulis setiap hari ..... wow, sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Selama ini saya hanya menulis beberapa artikel dalam satu bulan, bahkan sering dalam satu bulan tak satu artikelpun saya tulis. 

Saya menolak tawaran mbak Reni, karena merasa saya belum punya kemampuan seperti para blogger pada umumnya. Lagi-lagi mbak Reni menyemangati saya, bahwa saya "bisa", saya tidak tahu mengapa mbak Reni yakin banget saya bisa menyelesaikan kontes tersebut. Kelembutan beliau meruntuhkan saya, ada akhirnya saya mengikuti kontes tersebut. 

Pengalaman pertama mengikuti kontes dimana harus membuat 31 artikel dengan tema ayat-ayat Al -Quran. Wah ini tantangan luar biasa, karena pemahaman tentang Al-Quran saya miliki minim banget. Meskipun memiliki pemahaman yang minim tersebut, saya berusaha menyelesaikan tantangan itu, dengan menuliskan pengamalan ayat-ayat Al-Quran yang sudah saya lakukan, jadi saya hanya berbagi pengalaman sehari-hari  dalam mengamalkan ayat-ayat Al-Quran dan mengajak yang lain untuk mengamalkan apa-apa yang di perintahkan Allah SWT yang terdapat pada ayat-ayat tersebut.

Alhamdulillah, saya dapat menyelesaikannya dengan menulis 31 artikel. Bagi saya kejutan banget, saya bisa posting tiap hari.... selama ini nggak pernah saya lakukan. Dan kejutan lagi ternyata postingan saya tentang ayat-ayat Al Quran sebelum mengikuti kontes lumayan banyak juga, itu yang tidak saya sadari, tapi mbak Reni mengetahuinya, beliau jeli banget ya  ^_^

Memiliki artikel dengan tema yang sama lumayan banyak, muncullah ide mbak Reni agar saya membukukannya dengan tujuan agar bisa dibaca oleh banyak orang yang tidak mengenal blog saya.
Ide membukukannya sempat membuat saya ragu.... apa iya ya, artikel-artikel tersebut layak dibukukan. Lagi-lagi saya harus perang dengan diri sendiri, untuk menyakini diri sendiri untuk mengirim naskah tersebut  ke penerbit untuk dibuat menjadi sebuah buku. Alhamdulillah mas Rudi, mbak Reni dan suami menyakinkan saya agar segera mengirim naskah itu ke penerbit, agar bisa di baca oleh banyak orang.

Alhamdulillah, terbitlah buku pertama saya. Saya beri judul buku tersebut Beningkan hati dengan Al-Quran. Sudah 2 minggu buku ini beredar, meskipun masih pada lingkungan terbatas, karena buku tersebut belum dapat ditemukan di toko buku..... Semoga buku ini juga bisa berjejer di rak toko buku di seluruh Indonesia kelak.

Alasan saya memberi judul Beningkan hati dengan Al-Quran, agar kita senantiasa memiliki hati yang bening. Dengan mengamalkannya maka jiwa dan hati menjadi tenang dan bening, sebab kita senantiasa dapat mencegah diri dari sifat sombong, iri dengki, pencela, kufur nikmat-Nya. Itulah harapan saya kepada pembaca buku saya ini, terinspirasi untuk menjadi pribadi yang tawadhu  (rendah hati), peduli pada sesama, semakin giat dalam menjalani ibadahnya.

Sudah dua minggu buku ini terbit, respon pembacanya di luar dugaan saya. Saya tidak membayangkan sebelumnya akan mendapat respon seperti ini. Mereka mengatakan sangat terinspirasi sekali, penyajian yang sederhana, menyentuh, menurut mereka menjadi lebih mudah memahaminya. Beberapa  diantaranya mulai melakukan seperti yang saya tulis di buku tersebut.  

" Isi buku ini sangat menginspirasi dan memotivasi saya dan menjadi acuan untuk mendidik anak-anak kearah lebih baik dan islami"

"Baru ini saya membaca buku yang menceritakan ayat-ayat Al Quran  dengan cara seperti ini.... sederhana mudah di pahami, menyentuh dan isnpiratif....saya tunggu buku berikutnya"

" Saya gemeteran dan nangis membacanya, banyak sekali renungan dan pelajaran yang bisa kita dapat dari buku ini, saya membacanya berkali-kali, dan akan saya amalkan seperti yang disaran buku ini"

Mendapat respon seperti itu membuat saya sangat bahagia dan terharu, apa yang menjadi keinginan saya terbitnya buku tersebut telah dimudahkan Allah SWT. Saya bahagia dan haru, pembaca mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dan mengamalkanya.

Saya menerbit buku ini bukan untuk mendulang rupiah tapi mendulang amal jariah, ingin menghimpun pundi-pundi amal jariah lebih banyak lagi. Saya ingin di sisa usia saya ini dapat memberi manfaat untuk orang banyak, dan menghimpun amal jariah sebanyak-banyaknya sebagai bekal saya menghadap-Nya kelak.

Sinyal " ingin berbagi" ternyata di tangkap juga oleh para pembaca buku saya. Mereka yang telah membaca buku ini,  kembali memesan beberapa buku lagi untuk dibagikan kepada yang lain. Alhamdulillah, para pembaca buku saya ikut menghimpun sebanyak-banyak amal jariahnya dengan berbagi buku ini.....mengamalkan dan berbagi kepada yang lain adalah harapan terbesar saya kepada para pembaca buku ini.

Untuk teman-teman yang belum memiliki buku ini, dapat memesannya langsung kepada saya, karena saat ini buku ini belum ditemukan ditoko buku. 





19 komentar:

  1. Bagus tuh mbak soalnya berhasil terbitkan buku, kalau saya udah lama mau terbitkan tapi belum bisa :)
    Ngomong-ngomong harga bukunya tidak ditulis mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, mas Fadly
      harga buku Rp 38.000 belum termasuk ongkos kirim

      Hapus
  2. Mantap Mbak... Berkat mengikuti GA 1Hari 1Ayat akhirnya bisa meramunya kembali menjadi sebuah buku.. Aku juga wkt itu ikut GA tsb ttp tak terpikirkan utk menerbitjannya menjadi sebuah buku yg sgt bermanfaat utk penyejuk hati.. Aku baca juga lho Mbak artikel2 Mbak dlm 1Hari 1Ayat itu memang bagus.. Berisikan pesan moral dan agama namun tdk menggurui.. Mgkn inilah yg menjadi daya tarik tersendiri bagi buku ini shg banyak digemari pembacanya.. Sukses ya Mak..aku turut bangga dan bahagia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Rita, smg mbak Rita ikut menyusul terbitkan buku juga ..... Ayooo mbak

      Hapus
  3. hai mba Yanti..pa kabar dan selamat Idul Fitri (meski telat :))..selamat atas buku solonya dan ingin juga memilikinya..(karena aku sedang keranjingan meresensi buku hihihi) apakah ada ulasan ttg qurban mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sehat ...mbak
      terima kasih ya, mbak.... Ayo miliki buku saya, dan ulasan ttg quran ada mbak .... tetapi ini versi saya loh ...^_^

      Hapus
  4. Cheers for the worthwhile tips. It actually shows you are qualified,
    learned and expert in this area, which is tricky to find in this day and time.


    my webpage; e liquid ()

    BalasHapus
  5. wah para pakar penulis nih, Asalamualaikum, salam kenal mbak, ikutan belajar mbak, biar bisa nerbitin buku juga, kalau boleh tahu gimana caranya nerbitin buku ya mbak, ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalalikumsalam,.
      Terima kasih ya kunjungannya, wah saya belum pakar mas, masih pemula... ini buku pertama.... semoga kelak akan terbit buku berikutnya. Cara membuat buku yang saya lakukan ini... mengirimkan naskahnya ke penerbit, lalu mereka akan mengeditnya, mendisain cover sesuai permintaan kita,

      Hapus
    2. ooo begitu ya mbak yanti, pengen juga nih seru kayaknya bisa nerbitin buka bisa di baca oleh jutaan orang ,,,,nanti cari referensi dah coba coba siapa tahu ketagihan...Aamiin

      Hapus
  6. Bukunya bagus, saya sudah membacanya.
    Buku ini memberikan penjelasan tentang banyak hal.
    Ibadah bukan hanya sholat. Berkata baik, berbuat baik, sedekah, silaturahmi juga termasuk ibadah.
    Terima kasih atas kiriman bukunya Jeng.
    Semoga Allah Swt membalas kebaikanmu berlipat ganda, Amiin
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah .....
      Pakde .....Terima kasih banyak ya yang tlah mempromosikan buku saya ini .... Pakde menjadi panutan, menginspirasikan saya dalam menulis .

      Hapus
  7. Selamat ya mba...
    Saya pun pernah ikut kontes 1 hari 1 ayat tsb, tapi malah mentok, gak sampai finish :)

    BalasHapus
  8. selamat ya mba... ikut senang membacanya :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillaah..., saya sudah membaca buku yang penting ini.
    Karena saya tidak ingin memetik sendiri manfaatnya, semoga tidak lama lagi,
    saya bisa juga berbagi dengan menuliskannya tentang buku ini di blog saya.
    Sungguh, terima kasih banyak ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah
      Terima kasih mas , saya tunggu loh kritikkannya

      Hapus
  10. What's up, its pleasant paragraph about media print, we all be familiar with media is
    a wonderful source of data.

    Also visit my website :: cheap web hosting php

    BalasHapus
  11. selamat ya mba atas bukunya ..

    BalasHapus