Rabu, 27 Juli 2011

Mensucikan Diri

Bismillahirrahmanirrahiim, 
Assalamu'alaikum ...sobat semua ..^_^

Tinggal beberapa hari lagi, umat muslim seluruh dunia akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah. Menyambut bulan suci ini, kita mulai dengan mensucikan diri. 

Pada masyarakat Indonesia, dalam rangka mensucikan diri menyambut bulan Ramadhan dikenal dengan tradisi padusan  oleh masyarakat Jawa atau mandi balimau  oleh masyarakat minang, biasanya kegiatan ini banyak dilakukan di tempat pemandian umum, seperti kolam renang, pemandian  alam. atau pantai.

Biasanya tradisi padusan atau mandi balimau dilakukan 2 hari atau sehari menjelang puasa. Akibatnya tempat - tempat pemandian umum tersebut penuh oleh masyarakat yang melakukan tradisi ini, jelas sekali terlihat di tempat pemandian menjadi lautan manusia, anak-anak, orang dewasa, laki-laki dan perempuan berada pada tempat dan waktu yang sama. 


Yang menjadi pertanyaan mengapa mensucikan diri itu  dilakukan di tempat terbuka seperti itu ...??
Terutama untuk kaum wanita , mengapa dilakukan di tempat yang bercampur dengan pria...?? Dimanakah kita memaknai tentang mensucikan diri itu ? Apakah dengan melakukan tradisi padusan atau mandi balimau telah memenuhi kriteria mensucikan diri. Kalau menurutku belum.... so...??

Kalau kita lihat foto-foto diatas, tidak ada pensucian badan, karena gak mungkin khan kita gak mengulang mandi lagi, jika kita padusan atau mandi balimau melakukannya dikolam umum seperti itu atau di pantai... trus apa donk manfaat dari tradisi itu ?

Menurutku padusan atau mandi balimau akan bermakna jika melakukannya di tempat tertutup seperti dikamar mandi di rumah masing-masing. Karena agama Islam  memang mewajibkan kita mensucikan badan sebelum melakukan shalat dan berpuasa, sebab Kebersihan adalah sebagian dari Iman.

Mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadhan tidak hanya membersihkan badaniah saja, tapi lebih berorientasi kepada mensucikan diri dan hati dari rasa iri, dengki, benci pada sesama, rasa dendam pada seseorang, mensucikan harta yang kita miliki dengan mengeluarkan zakat dan sedekah. 
 
Jadi pensucian diri menyambut bulan suci Ramadhan ini, yang utama sekali adalah melakukan taubat nasuha memohon ampunan pada Allah SWT akan dosa-dosa yang telah diperbuat selama ini dan tak lupa juga melakukan permohonan maaf pada  kedua orang tua, saudara kandung, kerabat-kerabat, karena kita tak pernah luput dari kesalahan. 

Dan pada kesempatan ini, kepada sahabat blogger semua .... kuberkunjung berharap ada pintu maaf untukku, agar terasa ringan langkah ini memasuki bulan suci Ramadhan ini.  



Semoga  di Bulan Suci Ini Kita Mendapat Limpahan Rahmat & Hidayah Ramadhan serta Ampunan dari Allah SWT.
Semoga Dengan Puasa Dapat mempertemukan Kita Dengan Keagungan Lailatul Qadar

17 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Mbak,
    begitulah kenyataan di msyarakat, memaknai dan menyambut bulan suci dengan hal-hal yang mereka sendiri tidak memahami segi kemanfaatannya. Termasuk pergi ke kuburan.
    maka akan lebih bermakna jika persiapan yang utama yaitu kebersihan jiwa dan ruhani

    BalasHapus
  2. betul sekali bu,,, intinya adalah mensucikan hati dari hal-hal yang tidak baik yang bisa mengganggu hbungan kita dengan sang khalik...

    Salam...

    BalasHapus
  3. baru denger Mbak,emang itu wajib ya?DiAlqur'an atau hadis ada gak?Bingung..masalahnya ditempat ione tidak ada acara begituan

    BalasHapus
  4. Tertohok baca artikel ini apalagi baca endingnya, saya juga kurang setuju mbak kalau padusan / mensucikan diri dilakukan seperti itu lebih banyak mudaratnya kayaknya, lebih baik kan mandi dirumah sendiri terus banyakin dah ibadah sunnah & wajib juga dzikir

    BalasHapus
  5. Balimau arti sesungghnya mandi Air Jeruk ya Mbak (kalau gak salah sih soalnya aku pernah baca begitu hehehe)

    Amin...semoga kita bisa melaksanakan Puasa dengan hikmat...

    BalasHapus
  6. Amin...
    Moga saja kita dapat menjalankannya dengan hati yang suci dan bersih ya Bu.
    Maaf lahir dan bathin ya bu

    BalasHapus
  7. Minal aidin walfaizin y abun, moga kita bisa kembali suci dan dapat menjalankan ibadah pausa tahun ini hingga selesai dan lebih baik lagi.

    BalasHapus
  8. suka banget dengan paragraf ini"
    Menurutku padusan atau mandi balimau akan bermakna jika melakukannya di tempat tertutup seperti dikamar mandi di rumah masing-masing. Karena agama Islam memang mewajibkan kita mensucikan badan sebelum melakukan shalat dan berpuasa, sebab Kebersihan adalah sebagian dari Iman."

    Mending memperbanyak taubat, do'a, baca Al Quran saling mengingatkan kebaikan ...semoga kita termasuk Umat yang diberkahi,amin

    BalasHapus
  9. kalo mensucikan diri dengan mandi besar, itu wajib sebelum melakukan ibadah (terutama jika berhadas besar). cuman nggak harus campur baur begituan.. hanya masalah adat dan budaya sih,
    tapi kalo buat saya malah repooot... mandi aja cukup. nggak usah begitu begituan.. hehehe

    BalasHapus
  10. Iya Mbak sepakat, itu bukan termasuk membersihkan diri yang diajarkan oleh Nabi kita.
    Semoga makin banyak orang yang sadar, bahwa untuk menyambut Ramadhan yang terbaik adalah membersihkan diri secara ruhani dan mensucikan jiwa, semoga kita mampu untuk itu.

    Happy Ramadhan Mubarak ;)

    BalasHapus
  11. ya mari sucikan diri lahir batin karena ramadhan sudah dekat.......

    BalasHapus
  12. tradisi memang sulit dihindari biarpun berbenturan denga ajaran Islam yang benar. maaf ya mbak telat komennya

    BalasHapus
  13. bener banget mbak,..mensucikan diri jangan dimaknai secara harfiah.tapi sebaliknya. hehehe kalo mandi bersama di tempat umum sih namanya juga saling melihat aurat org lain,..dosa kan..:)

    BalasHapus
  14. saya cuma bisa berpesan marhaban ya ramadhan ya.
    saya cuma bisa berpesan marhaban ya ramadhan ya.

    BalasHapus
  15. Bulan ramadhan sudah di depan mata saatnya kita bebenah bukan berpesta sebelum menjalankanya.

    Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima disisi-Nya "amien".

    Agar silaturahmi tetap terjaga alangkah baiknya kita saling bertegur sapa dan berkunjung.

    href='http://idblogku.blogspot.com

    Tetap Semagat, Berusaha dan Berdo'a
    Happy Blogging...

    BalasHapus
  16. mensucikan diri dari dosa dan khilap kita

    BalasHapus