Kamis, 30 Januari 2014

# 1Hari 1Ayat: Pelihara hubungan silaturrahim

Bismillahirromanirrohim

Surah An -Nisa (4) ayat 1

yaa ayyuhaa alnnaasu ittaquu rabbakumu alladzii khalaqakum min nafsin waahidatin wakhalaqa minhaa zawjahaa wabatstsa minhumaarijaalan katsiiran wanisaa-an waittaquu allaaha alladzii tasaa-aluuna bihi waal-arhaama inna allaaha kaana 'alaykum raqiiban 

1. Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain , dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. 

"Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dimudahkan urusanya, maka hendaknya ia menyambung silaturrahim (HR Bukhari). 

Dilapangkan rezekinya, maksudnya rezeki itu bukan semata-mata materi. Rezeki itu sejatinya dimaknai sebagai sesuatu yang mengandung manfaat dan menjadikan hati bahagia dengan mendekatkan diri pada sesama.

Dengan Silaturahmi kita bisa saling mengenal, mengetahui kondisi keluarga masing-masing, mengetahui apa yang saudaranya butuhkan, maka secara naluriah, kita akan merasa menyesal bila tidak berbuat baik dengan sesama. 

Jadi hendaknya kita tidak memaknai dilapangkan rezeki dengan makna yang salah, karena ada saja loh, ada orang baru akan menjalin silaturrahmi disaat ia ingin mencari rekanan bisnis, lalu jika tidak mendapatkan tanggapan lantas terputuslah silaturrahmi tersebut. 

Silaturrahmi yang melapangkan rezeki itu adalah silaturrahmi yang tulus hanya semata-mata berharap akan Ridho Allah. Dengan ketulusan itulah  yang nantinya akan memudahkan urusan kita dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalani.

Dengan Silahturrahim dapat memperpanjang umur. Yang dimaksud dengan bertambahnya umur itu bukan semata-mata terletak pada bilangan tahunnya, tetapi bagaimana memaknai umur, maksudnya  keberkahan umur, mekipun umurnya pendek tapi senantiasa dikenang. 

Silaturahim merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah swt. Silaturahmi merupakan salah satu penyebab utama masuk surga dan jauh dari neraka. Maka sepatutnyalah kita bersemangat untuk bersilaturahmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar