Sabtu, 22 Maret 2014

Sepinggan Internasional Airport

Bismillahirromaanirrohim 

Alhamdulillah, hari ini ( 22 Maret 2014 ) teminal baru Sepinggan Internasional Airport mulai digunakan. Satu lagi  yang akan menjadi kebanggaan warga Balikpapan, dan ini melengkapi fasilitas modern kota ini.

Terminal baru ini terlihat megah dengan dilengkapi fasilitas : 
- Check in counter 76 buah
- Escalator 46 unit
- Travelator 8 unit
- Lift 12 unit
- Counter pelayanan imigrasi 12 unit
- Gedung pakir 5 lantai dengan kapasitas 2.300 mobil
- Free Wifi
- Boutique mall 25 tenant
- Baggage Handling System ( BHS  ) dengan Hold Baggage Screening ( HBS )
sumber : API Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan.

Keistimewaan Bandara Sepinggan ini adalah dengan dibangunnya hutan mini yang akan  dapat dinikmati hingga kelantai empat. Selain itu teminal baru ini juga akan dilengkapi dengan area komersil seluas 33.000 m2 dengan konsep boutique mall, ini adalah yang pertama di Indonesia menggabungkan Bandara dengan mall.

Kemegahan terminal baru ini semakin terasa dengan hadirnya  "Sistem Airport Control Center " dengan menggunakan teknologi " Airport Operation Data Base" yang terkoneksi dengan 240 buah CCTV, dan sistem ini adalah yang pertama di Indonesia.

Sistem baru lainnya adalah "Bagage Handling System" dengan "Hold Bagage Screening" sistem ini mengubah pola check in penumpang,sistem ini pemeriksaan penumpang, bagasi dan boarding pass dikemas menjadi satu dengan menggunakan scan barcode yang akan terintegrasi dengan pola bagasi Baggage Handling System ( BHS ).



Bentuk dan tampilan fasad merupakan stilasi dari hutan dengan ornamen interior menggunakan ragam hias khas Kalimantan Timur.




Arsitektur bangunan Bandara Internasional Sepinggan mengadopsi bangunan yang ramah lingkungan dan secara pasif diharapkan mampu mengurangi konsumsi energi  dengan melengkapi jendela-jendela kaca  yang luas disekeliling bangunan dengan maksud mengurangi pencahayan dari listrik, disamping itu juga  mempromosikan konservasi air. 






Terminal baru ini, mengusung konsep hijau, sesuai dengan konsep kota Balikpapan (nyaman hunian ) oleh karena itu kita akan menemukan interior bandara ini dengan nuansa hijau, taman dan hutan mini dilantai dasar dapat dinikmati sampai lantai empat dan nuansa hijau semakin kuat  dengan dihadirkan furniture yang berwarna hijau juga.





                                              


Dengan dilengkapi kecanggihan teknologi dan Arsitektur yang modern semakin melengkapi kemegahan terminal baru Bandara Internasional Sepinggan. 

Oh ya, atas usulan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mangusulkan agar nama Bandara Sepinggan diubah menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan. 

Menurutnya, Bandara ini tidak hanya menjadi kebanggaan warga Balikpapan saja, tapi akan menjadi kebanggan rakyat Kalimantan Timur pada umumnya. Maka nama Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan Raja Kutai XVIII, yang telah mampu memajukan Kerajaan Kutai, cocoklah untuk nama Bandara baru ini.....walaupun sempat terjadi penolakkan oleh warga Balikpapan, tapi seperti biasa warga Balikpapan  yang selalu dengan lapang hati menerima perubahan demi kemajuan kota yang tercinta ini, sesuai dengan moto warganya.












































6 komentar:

  1. wah megah ya mbak..sepinggan i miss u..kapan aku kesana lg ya? ah masa kecil hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balikpapan pasti ngangenin ya, mbak

      Hapus
  2. Keren banget nih bandara, saya dulu udah pernah kesini pas masih belum direnovasi, pingin liat secara langsung. Kebetulan bandara Sepingan ini agak dekat dengan kota tempat tinggal saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, smg suatu saat bisa berkunjung kembali kesini,
      makasih ya kunjungannya

      Hapus
  3. Bagus, keren dan megah ya bandara nya Mbak...
    Kok belum update lagi?

    BalasHapus
  4. wah hebat nih,....

    www.hamidah-21.blogspot.com

    BalasHapus