Selasa, 28 Januari 2014

# 1Hari 1Ayat: Jauhi Orang Arogan

Surah Al-Qalam (68) Ayat 10-13

Saya merasa miris lihat sinetron remaja yang marak di TV yang  kebanyakan alur ceritanya kekerasan. Ini mungkin saja dalam kehidupan sehari-hari keadaan seperti itu memang ada terjadi. Seperti beberapa bulan yang lalu kita di hebohkan dengan "kehidupan geng motor".

Sebagaimana sifat remaja yang sangat terikat dan sangat setia terhadap temannya, bahkan lebih patuh kepada temannya dari pada orangtuanya sendiri, meskipun temannya tersebut tidak berlaku baik padanya, dia tetap mempertahankan teman tersebut, istilahnya "setia teman".

Akibat salah memilih teman, salah memilih komunitas, pada akhirnya selalu berakhir dengan tidak baik, kalau tidak berakhir dipenjara untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, mungkin saja akan  berakhir dengan kematian, sedih sekali kita melihatnya, usia remaja berakhir dengan sia-sia. 

Firman Allah pada surah Al-Qalam ; " Janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah dan suka menghina, yang banyak mencela, yang kian kemari menyebarkan fitnah, yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang bertabiat kasar ( QS. Al-Qalam 10-13 ).

walaa tuthi' kulla hallaafin mahiinin 
10. Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina,


hammaazin masysyaa-in binamiimin 
11. yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah,

mannaa'in lilkhayri mu'tadin atsiimin 
12. yang banyak menghalangi perbuatan baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa,

'utullin ba'da dzaalika zaniimin 
13. yang kaku kasar, selain dari itu, yang terkenal kejahatannya, 

Agar masa remaja tak berakhir dengan sia-sia, perlunya diciptakan lingkungan yang bersahaja, baik di rumah, maupun di lingkungan sekitarnya, ini menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga remaja kita tak terjebak dengan lingkungan yang tidak baik yang dipenuhi dengan orang-orang yang arogan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar