Kamis, 30 Januari 2014

# 1Hari 1 Ayat : Al-Quran mudah di pelajari

Bismillahirromanirrohim

Surah Al-Qamar (54) ayat 17



17. Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?  

30 hari sudah, saya mengikuti tantangan menulis 1hari 1ayat. Banyak manfaat yang saya dapatkan dari tantangan ini. Tantangan ini memaksa saya untuk belajar memahami ayat demi ayat yang terdapat dalam Al-Quran. 

Al-Quran adalah sumber referensi yang terbaik bagi manusia, sebagai rambu-rambu bagi manusia dalam perjalanan hidupnya. Ibarat traffic lights bagi para pengemudi jalan raya, selama mentaati rambu-rambu tersebut, maka tidak akan ada kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Begitu juga Al-Quran, selama kita mengikuti apa yang tertulis dalamnya, maka akan selamatlah kita di perjalanan dunia dan perjalanan  akhirat yang akan menjadi perjalanan abadi kita.

Sebagai referensi terbaik, Allah menjadikan Al-Quran itu mudah untuk dipelajari. Al-Quran menjadi nara sumber terbaik untuk semua pengetahuan. Dalam Al-Quran semua dijelaskan, misalnya  saja untuk mengetahui  tentang jagat raya, matahari dan alam semestanya dapat kita temukan pada surah Ar-Radu(13) ayat 2 atau ingin mengetahui bagaimana manusia di ciptakan, tentang hal ini kita dapat menemukan dalam Al - Quran surah Al-Hijr (15) ayat 28-29.....(seharusnya C.Darwin membaca Al-Quran terlebih dahulu kali ya sebelum melahirkan teori Evolusi manusia ). Untuk mengetahui bagaimana caranya membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahma dapat kita lihat pada surah An-Nisa. 

Allah mengetahui keterbatasan manusia, oleh karena itu Allah menurunkan Al-Quran dengan sangat mudah untuk di pelajari, agar tidak membebani hamba-Nya, hanya saja kita tidak menyadari hal tersebut. Selama ini kita selalu saja mengacu pada buku pengetahuan yang ditulis oleh manusia, dimana banyak teori-teori masih di ragukan keakuratannya.

Subhanallah, banyak sudah saat ini para ilmuan non muslim yang mulai mempelajari Al-Quran untuk menjadi referensi suatu ilmu pengetahuan, contohnya ahli saraf yang pada akhirnya menyatakan Wudhu dan shalat adalah terapi saraf yang terbaik, puasa  adalah cara terbaik untuk penyembuhan gangguan pencernaan, dan banyak lagi. Ini bukti bahwa Al-Quran mudah untuk di pelajari. 

Betapa ruginya kita, jika tidak mau mempelajarinya dengan sungguh-sunguh. Betapa tidak.... Al-Quran menjadi petunjuk bagi kita dalam menjalani hidup di dunia ini agar selamat di dunia dan menjadi syafaat di akhirat. Masihkah kita mengabaikan hal ini ?

Terimakasih mbak Prima yang telah menyelenggarakan tantangan ini, dimana memaksa saya untuk belajar memahami setiap ayat yang ada di dalam Al-Quran, sebulan sudah melatih diri menulis 1hari 1ayat, berharap setelah ini saya dapat melanjutkannya dihari-hari berikutnya. Ibarat melaksanakan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan, setelah Ramadhan mampu melanjutkan melaksanakan puasa sunnah senin, kamis disetiap minggu, dan puasa Ayyamul Bidh setiap bulan hijriah,  begitu juga setelah berlatih selama sebulan menulis 1hari 1 ayat, saya berharap saya masih bisa menulis lagi di hari-hari berikutnya, berharap bisa istiqomah. 


                 
    

2 komentar:

  1. Mbak, ini hari terakhir ya?
    Alhamdulillah... mbak berhasil juga menyelesaikannya?
    Selamat ya Mbak... karena mbak telah berhasil mengalahkan diri sendiri.
    Dengan mengikuti tantangan ini mbak telah berhasil mengesampingkan rasa pesimis dan tidak PD
    Semoga tetap akan berlanjut mbak... dan maaf baru sempat mampir lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. besok mbak berakhirnya, jadi masih ada 1 ayat lagi yang harus saya tulis, utk menyelesaikan tantangan ini.
      Mbak Reni yang telah berhasil meruntuhkan saya, hingga saya akhirnya saya mau ikut GA, dan ini GA yg panjang pertama saya ikuti, Alhamdulillah saya bisa menyelesaiakan hingga hari ke 30, tinggal 1 hari lagi sbg pemungkasnya.
      Mbak Reni, makasih banyak ya yg tidak pernah bosan2nya menyemangati saya.

      Hapus