Sabtu, 10 Desember 2011

PLONG....


Bismillahirrohmanirrohiim.

Alhamdulillah….plong..... rasanya hati ini, ini yang ku rasakan saat ini. Setelah beberapa minggu ini waktu dan pikiranku terfokus pada audit eskternal ISO 9001:2008. Sehingga 2 blog ini terabaikan, dan juga tak punya waktu bertandang kerumah maya sahabat blogger lainnya. Jadi kangen berat nih ...

Sejak aku diberi tugas sebagai WMM / MR pada ISO 9001, sulit sekali aku berbagi waktu, dan lebih heboh lagi aku tetap mempunyai beban mengajar 26 JP disetiap minggunya. Agak keteteran juga sich, karena aku baru 4 bulan menjadi WMM, dan langsung  pada tanggal 2 Desember 2011 sudah dijadwalkan audit eksternal oleh Pak Ivar seorang auditor dari Semarang. 

Duh .... masih dalam proses belajar , tapi tanggal 2 Desember 2011 beberapa hari yang lalu harus mempertanggung jawabkan sertifikat ISO 9001:2008. Padahal aku buta banget tentang tugas dan wewenang seorang Wakil Manajemen Mutu. Walaupun sempat mengikuti pelatihan WMM di akhir bulan Oktober yang lalu, tapi masih saja merasa belum cukup pengetahuan ku tentang tugas dan wewenang seorang Wakil Manajemen Mutu itu. Dan membuat aku tak begitu plong dalam bersikap, adalah  aku harus mengkoordinir 4 wakil kepala sekolah yang secara umur lebih tua dariku  dan pengalamannya juga  lebih banyak  dari ku, jadinya agak sungkan untuk bersikap.

Dengan waktu yang singkat itu aku harus mengerjakan audit internal pada semua unit kerja seperti bagian Kurikulum, Sarana Prasarana, Kesiswaan, Humas, Bimbingan Konseling, Tata Usaha dengan membentuk tim audit, karena waktu nya sangat singkat, aku merasa tidak maksimal mengerjakannya. Disamping itu dengan waktu yang bersamaan aku juga harus mengolah data dan menganalisa angket kepuasan pelanggan ( siswa ) terhadap semua guru, semua unit kerja. Pekerjaan  ini membutuhkan waktu 2 minggu aku untuk menyelesaikannya.

Adapun hasil angket kepuasan pelanggan ( siswa ) terhadap semua guru, terjadi penurunan. sedangkan untuk semua unit kerja terjadi peningkatan. Dan yang masih jadi PR ku hingga hari ini adalah menyampaikan hasil angket tersebut kepada semua guru. Ini sepertinya harus berhati-hati, karena beberapa guru terjadi penurunan,karena mungkin ada yang bisa menerima dengan lapang dada sebagi bahan evaluasi, tapi yang di kwatirkan membuat suasana hati guru tersebut terhadap siswa-siswa menjadi berubah, semoga ini tak terjadi, karena aku telah berjanji pada siswa-siswa disaat mengedarkan kuisener tersebut,tidak akan terjadi hal yang tak diinginkan jika mereka memberi penilaian secara objektif dan apa adanya.

Terjadi penurunan tersebut juga terjadi  diriku sendiri dari angka 88,68 % menjadi 84,56 %. Hal ini memang sudah aku sadari, karena dengan beban jam mengajar yang banyak dan adanya  tugas tambahan, aku tidak seperti tahun sebelumnya, tak banyak waktu untuk siswa-siswa, ada perasaan bersalah juga sich.

Memang idealnya guru itu tanpa tugas tambahan cukuplah mengajar 20 JP saja setiap minggunya, jadi mempunyai banyak waktu untuk siswa-siswanya, sedangkan bagi yang mendapat tugas tambahan seperti wakil kepala sekolah idealnya 12 JP saja, sehingga semua bisa dilakukan secara maksimal. Tapi apa mau dikata, karena keterbatasan tenaga.

Alhamdulillah ......Pekerjaan sebulan penuh itu bersama team,  memberikan hasil yang menggembirakan, beberaapa hari yang lalu aku mendapat email dari Pak Ivar sebagai auditor, beliau menyatakan bahwa SMA Patra Dharma BERHAK meneruskan Sertifikat ISO 9001:2008, leegaaa rasanya hati ini. Berati SMA Patra Dharma memasuki tahun ke 4  memiliki sertifikat ISO 9001;2008.

Dari kegiatan ini  banyak pengalaman baru yang aku peroleh dan aku bisa juga mengevaluasi hasil kerjaku, sehingga untuk kedepannya agar bisa menghasilkan yang lebih baik lagi. Kedepannya aku bisa menjadwalkan pekerjaan ku sebagai WMM dengan baik lagi, agar gak kelabakan seperti saat ini.

Dan yang terpenting, kedepannya  aku harus  bisa mengkoordinir dan mengontrol semua unit kerja agar  dapat menjalan sistem  yang telah dibuat di setiap unit berjalan dengan semestinya, agar terjadi peningkatan pelayanan, peningkatan mutu di SMA Patra Dharma tempat aku berkerja. Semoga ya ... sobat..!!!!

Jadi... itulah sobat blogger,  mengapa selama ini gak BW ataupun posting  di ke2 blogku. 
Ada yang kangen gak ya... pada ku.... hehehhhehe..(.canda.com)



21 komentar:

  1. Selamat ya Mbak dah kelar kerjaan, yang menyangkut sebuah tanggung jawab besar ...

    Ikut plog juga ;)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... usaha dan kerja kerasnya gak sia2 ya mbak. Selamat datang kembali... I miss you so much... :)

    BalasHapus
  3. Sungkan ... itulah yg sering terjadi kalau 'yg harus kita analisa dan evaluasi lebih senior. Tapi tugas 'harus dijalankan - gmn dunk?
    ~harus bijak dan santun ... nicee

    BalasHapus
  4. alhamdulillah, turut mengucapkan selamat karena sudah selesai auditnya.. dan memang proses audit itu ribet. jaman saya kuliah dulu pas mau akreditasi aja dan audit ISO juga ribetnya minta ampun.. tapi kalo dah selesai lega juga

    welcome back mbak, selamat ngeblog lagii :)

    BalasHapus
  5. Kerja yang berat kayaknya tapi mbak hebat karena bisa menyelesaikan itu semua. Makasih sudah berkunjung di blog, templatenya memang baru mbak :)

    BalasHapus
  6. oh pantesan jarang keliatan. moga sukses terus ya, mbak

    BalasHapus
  7. besok malah aku mau RAKER bikin kurikulum terus hiatus... duh... lebih suka ngeblognya, hahaha

    BalasHapus
  8. Well come back mbak :) Tetep smangat yak:)

    BalasHapus
  9. kalo udah kelar kerjaanya gitu pasti bisa bernafas lega, buktinya bisa posting lagi. blogger2 nunggu buat dikunjungi balik neh

    BalasHapus
  10. selamat beraktivitas kembali dalam blogger mbak
    salam

    BalasHapus
  11. alhamdulillah kelar juga akhirnya.
    salam kenal

    BalasHapus
  12. Selamat ber blogging ria kembali Mba.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  13. tak mesti yang tua melulu yang punya kewenangan untuk mengatur...

    yang muda kadang lebih fleksibel dan pnya banyak kreativitas dalam banyak hal...

    BalasHapus
  14. pakabar???? hepi nyu yer mbak :)
    ayo update

    BalasHapus
  15. mmm.. mbak tugas berat yng sangat mulia, salut :D

    BalasHapus
  16. ada dong yg kangen...kangen updatenya nih. hehhee

    BalasHapus
  17. selamat ya atas Sertifikat ISO 9001:2008 nya ..

    Salam,

    BalasHapus
  18. kalo dah plong, update dong,mbak..hehhee..

    BalasHapus