Kamis, 05 Januari 2012

Balikpapan kota BERIMAN

Bismillahirrohmanirrohiim.  

Sobat semua sudah tahu khan aku bertempat tinggal di kota Balikpapan. Tapi sampai saat ini aku belum pernah mengenalkan kota itu secara detail. OK ..... saat nya kita mengenal kota Balikpapan.

Balikpapan adalah pintu gerbang memasuki propinsi Kalimantan Timur, tapi bukan ibu kota propinsi loh, hanya kotamadya saja. Mengapa Balikpapan yang menjadi pintu gerbangnya bukan Samarinda yang sebagai ibu kota propinsi. Karena untuk memasuki Kalimantan Timur baik melalui laut dan udara pelabuhannya berada di kota balikpapan.

Pelabuhan Semayang


Sepinggan Air Port


BERIMAN itu adalah sebutan kota ini ( Bersih Indah dan Nyaman ), selogan itu tidak sekedar selogan aja loh, Semuanya bisa kita temui disetiap sudut kota ini. Lihat nih lebih dekatnya ya ...!!!






Terlihat khan kebersihan kota ini, ini semua berkat kesadaran masyarakat yang ikut mendukung program menjadikan kota Balikpapan menjadi kota BERIMAN. Hasil kerja sama itu membuahkan hasil dengan diraihnya Adipura untuk kesekian kalinya.

Tugu Adipura


Kota ini menjadi kota niaga... jadi gak heran banyak mall bermunculan di kota ini, menurut teman dari Jakarta yang pernah berkunjung di kota ini, jumlah mall banyak banget untuk ukuran kota yang kecil ini. Dampak negatifnya masyarakatnya menjadi konsumtif.

Fantasy Mall

Foto diatas adalah salah satu mall yang berada di Balikpapan Baru, selain itu ada lagi E. Walk, Balcony, Balikpapan Plaza, Ramayana Plaza, Kebun sayur Plaza. Sebenarnya pusat kegiatan kota ini adalah kilang minyak. Yang menjadi sumber devisa negara.





Kontur tanah di Balikpapan berbukit - bukit, sehingga banyak kita temui rumah yang berada di daerah perbukitan, termasuk tempat tinggalku berada di daerah yang tinggi. 





Balikpapan yang  berbukit - bukit itu  membuat daya tarik tersendiri di kota ini,  kita dapat menikmati keindahan kota ini dari perbukitan baik pada siang hari maupun pada malam hari.

Melihat laut dari perumahan Pertamina ( Gn Dubs)


Balikpapan di malam hari

Taman Bekapai ( taman bermain)
 

Pusat jajan yang merakyat ada juga loh, dengan  harga relatif terjangkau. Salah satunya di belakang lapangan Sudirman.
 
pusat jajan
Cuma sayang sekali gak ada masakan khas kota Balikpapan, karena penduduknya adalah pendatang, ada yang berasal dari pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, jadi yang kita bisa nikmati adalah masakan dari daerah tersebut. Ada baik juga loh masih bisa menikmati masakan kampung halaman.

Untuk wisatawan dapat membawa oleh - oleh berupa aneka batu-batu perhiasan. Ini dapat di temui di pusat suvenir di pasar Inpres, tapi harus pintar-pintar nawar loh.

Kenyaman kota ini pasti akan dirasakan, bila kita naik angkutan umum, tidak akan  kita temukan sopir yang ugal-ugalan, tidak berdesak-desak. Ini yang dirasakan oleh orang - orang yang berkunjung kesini, termasuk oleh teman-teman yang datang ke Balikpapan, mereka heran sekali melihat tertibnya lalu lintas disini.

Masyarakat disini punya selogan seperti ini...


Nah itulah sekilas tentang kota Balikpapan, menjadi kampung halaman kedua bagi ku.Tapi maaf ya ....foto - foto di atas di ambil dari koleksi pade Google loh....


24 komentar:

  1. wew balikpapan.....
    sepinggan pratama,,MT Haryono Dalam,,Dam,,BSC,,BSB....
    BP,BB....
    kota kenangan....
    saya jg pernah bikin postingan tentang balikpapan...
    :)

    BalasHapus
  2. O.... saya pikir hasil liputan dari pengalamnnya langsung Mba. Tapi walau bagaimana pun saya ikut mendukung. Karena banyak wilyah daerah Indonesia yag harus diangkat oleh para blogger yang aktif untuk lebih memperkenalkannya di dunia internasional.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  3. salah satu cabang dari perusahaan saya juga ada di balikpapan, baru aja buka tahun ini. tapi sayangg saya belom berkesempatan untuk kesana. katanya sih bagus dan teratur kotanya.

    Hmm slogan masyarakatnya juga keren, balikpapan kubangun kujaga dan kubela. semoga senantiasa seperti itu, tetap menjaga kearifan lokalnya :)

    BalasHapus
  4. ih..bagus banget mbak Sukma gambar2nya..indah..koq ga dari dulu ish memamerkannya hehehe
    aku juga kelahiran balikpapan mbak..tapi cuma 7 th tinggal disana..setelahnya pindah ke kotabaru, kalsel..:)

    BalasHapus
  5. aku baru tau mbak sukma tinggalnya di balikpapan, keren juga ya balikpapan. pengen bangat dapat cirikhas nya disana Hehehe.

    BalasHapus
  6. wah, jadi kepengin ke balikpapan nih^^
    walaupun sama-sama ada kata 'beriman'nya, kotaku malah banyak sampah disana-sini, beda sekali dengan balikpapan.

    BalasHapus
  7. semoga di sisa hidup saya nanti bisa berkunjung ke sana dan menikmati setiap pesona dari Balikpapan..:)

    BalasHapus
  8. wah... keren, makasih infonya mba.... jadi ingin deh ke Balikpapan.....

    BalasHapus
  9. Meski bukan Ibukota {ropinsi tapi kotanya besar ya Mbak :)

    Hmm sungguh sebuah kota yang penuh pesona ya Mbak ;) Aku suka slogannya :)

    Semoga suatu hari aku bisa kesana...

    Sayang tak banyak menjual makanan khas disana ya Mbak?

    BalasHapus
  10. wueeh,, cakep yah, kapan2 diajaklah aku. hohohohoho :)

    BalasHapus
  11. dari dulu pengen banget bisa ke balikpapan. tapi belum ada rizki duit dan waktu buat ke sana. jadi baca tulisan ini bikin sedikit terobati bu guru

    BalasHapus
  12. belum bisa nyampe kesana mba..
    ahh, kapan ya?
    semoga bisa kesampean.
    saya ijin nyimak dulu aja dsni.. hehe
    ditunggu kunjungan baliknya ya mba
    happy blogging :)

    BalasHapus
  13. ternyata ini bloggernya ibu guru ....pantesan enak ..

    BalasHapus
  14. kota yang indah, jadi penasran ingin menginjakan kaki langsung di kota yg asri itu..

    BalasHapus
  15. makasih atas postingannya..
    insyaallah saya tinggal di sana *jadi ceritanya cari2 referensi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ke Balikpapan .... Insyaallah akan betah, mbak

      Hapus
  16. Waaahhhhhh kereennn ya kota balikpapan. Kbetulah dlm wktu dekat ini suami sya pndah tugas ksana. Ga sabar pengen buru2 kbalikpapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak....buruan kesini, jgn lupa hubungi saya, mbak ....

      Hapus
  17. aku jadi mantap pengen ke balikpapan...
    merantau dari jawa ke balikpapan ahh :D

    BalasHapus
  18. aku tgl 11 brngkat ke balikpapan dari mdc..
    boleh tau klo udah smpe di bandara naik angkot apa ke terminal...?

    BalasHapus
  19. Saya baru sj plg dari balikpapan selama 4 hr 3 mlm. Setuju balikpapan kota Beriman

    BalasHapus
  20. Banyak kenangan dngn kota ini aku dilahirkan dn besar di sana kini aku berada di kota kabupaten lain, tapi kebanggaanku akan kota Blikppn ini tidak akan pernah hilang. Aku selalu bangga mencerikan kota ini pada orang lain krna banyk sekali keunggulan dn kelebihannya.

    BalasHapus
  21. wah balikpapan ternya menarik untuk di kunjunggi
    banyak tempat-tempat spoot.
    nice info

    BalasHapus