Jumat, 24 Januari 2014

# 1 Hari 1Ayat : Jum'at hari yang istimewa



Bismillahirromanirrohim

Surah Al Jumu'ah (62 )ayat 9


yaa ayyuhaa alladziina aamanuu idzaa nuudiya lilshshalaati min yawmi aljumu'ati fais'aw ilaa dzikri allaahi wadzaruu albay'a dzaalikum khayrun lakum in kuntum ta'lamuuna 
9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui

"Sesungguhnya, hari Jum'at adalah hari raya, Karena itu, janganlah kalian jadikan hari raya kalian ini sebagai hari untuk berpuasa, kecuali jika kalian berpuasa sebelum atau sesudah hari Jumat" ( HR Ahmad dan Hakim )

Pada hari Jum'at, Allah melipatgandakan pahala untuk amal ibadah yang dilakasanakan pada hari Jumat. Allah mengambulkan do'a-do'a hamba yang memanjatkannya dihari tersebut.

Jadi hari Jum'at adalah waktu yang mustajab untuk berdo'a, Rasulullah bersabda "Di hari Jum'at itu terdapat satu waktu, jika seseorang muslim melakukan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah Ta'ala, niscaya permintaanya akan dikabulkan" ( HR. Bukhari Muslim )

Dan pada hari Jum'at pengampunan dosa-dosa. 
" Tidaklah seseorang mandi pada hari Ju'at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak wangi, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju mesjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika Imam berkhutbah melainkan akan diampuni dosa-dosa yang terjadi antara Jum'at tersebut dengan Jum'at berikutnya "  ( HR. Bukhari)


Begitu istimewa hari tersebut, yuk... kita raih keberkahan hari Jum'at dengan memperbanyak bershalawat, memperbanyak doa, memperbanyak sedekah dan amal-amalan lainnya. Dan untuk mensegerakan ( berpagi-pagi )ke mesjid untuk melaksanakan shalat Jum'at, jangan mepet-mepet waktunya datang kemesjid ya.




3 komentar:

  1. Terima kaish untuk informasi bermanfaatnya mbak, tadi saya dikit telah ke masjid karena hujan deras :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah Mbak... Yuk kita sama2 mengejar pahala pada setiap Jumat...semoga barokah ya..

      Hapus