Senin, 22 Februari 2010

Nyemil kacang tanah berbahayakah ???

-->
Jika anda yang suka nyemil kacang – kacang pasti merasa was- was , kolesterol kah ini ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut baca nih penjelasan berikut ini!
Salah satu jenis lemak yang menarik perhatian para ahli adalah fitosterol . Senyawa ini merupakan jenis lemak yang ramah terhadap kesehatan . Fitosterol  berasal dari sumber makanan nabati , sperti kacang-kacangan.
Berdasarkan penelitian Dr. Penny Kris –Etherton ( guru besar bidang nutrisi dari Penn States University ) disimpulkan bahwa konsumsi 100 gr ( 1 ons ) kacang tanah lebih dari 5 kali dalam seminggu bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner sekitar 25 – 39 %. Penelitian ini juga didukung oleh penelitian Dr.Frank Hu ( Harvard School of Publik Health ) terhadap 86 ribu wanita yang sering mengkonsumsi kacang-kacangan , termasuk kacang tanah . Mereka lebih mampu menjaga pemompaan aktivitas jantung secara teratur, disbanding wanita yang jarang mengkonsumsi kacang-kacangan.
Penyakit jantung erat kaitannya dengan kolesterol. Bila kolesterol dalam darah terlalu banyak maka akan terbentuk endapan di dinding pembeluh darah yang bisa mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah jantung. Akibatnya adalah pemompaan aktivitas jantung menjadi tidak teratur, sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit jantung koroner.
Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan fitosterol dalam bahan makanan dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner , karena fitosterol dapat memberikan efek penurunan kolesterol dengan cara meningkatkan ekskresi ( pengeluaran kotoran dalam bentuk feses ) sehingga dapat membantu penurunkan penyerapan kolesterol vdalam tubuh . Hal ini berarti endapan kolesterol dalam pembuluh darah jantung dapat dikurangi dan pemompaan aktivitas jantung dapat berjalan normal.
Dari penjelas diatas anda tidak perlu was-was lagi mengkonsumsi kacang tanah setiap hari, tapi akan lebih baik mengkonsumsi kacang tanahnya tidak dalam bentuk  kacang goreng, akan lebih baik dalam bentuk kacang rebus atau kacang garing.

2 komentar:

  1. nice post! :)
    saya sedang berikhtiar untuk menyembuhkan penyakit jantung saya.
    Kacang jadi salah satu cemilan favorit saya sekarang.. hehehe..

    BalasHapus