Jumat, 17 Januari 2014

# 1Hari 1Ayat : Bergegaslah Untuk Berbuat Baik

Bismillahirromanirrohim

Surah Al-Kahf (18) ayat 110


qul innamaa anaa basyarun mitslukum yuuhaa ilayya annamaa ilaahukum ilaahun waahidun faman kaana yarjuu liqaa-a rabbihi falya'mal 'amalan shaalihan walaa yusyrik bi'ibaadati rabbihi ahadaan 
110. Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan kebajikan /amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

Hari yang menggembirakan setiap manusia adalah perjumpaan dengan Allah SWT yang telah menciptakannya, itulah hari  yang terbaik bagi manusia sebagai hamba-Nya. Dalam firman-Nya, Allah memberikan syarat untuk bertemu dengan-Nya adalah senantiasa melakukan kebaikan. 
Jadi jika kita ingin bertemu dengan pencipta kita maka bersegeralah melakukan kebaikan jangan ditunda-tunda, karena kita tidak tahu sampai kapan kita di beri umur.

Mengasihi dan memperdulikan lingkungan dan orang di sekitar kita bukanlah slogan dan omongan saja, namun itu harus ditunjukkan lewat tindakan kita, selalu siap mengulurkan tangan kepada siapa pun yang membutuhkan. 
Berbuat baik kepada orang yang telah berbuat baik atau telah banyak membantu kita itu sudah biasa dan wajar, namun yang istimewa adalah jika kita mampu berbuat baik kepada orang yang telah melukai / menyakiti, menzolimi atau yang telah memfitnah kita bukanlah perkara gampang. Rasa sakit itulah yang menghalangi kita untuk membalas rasa sakit itu dengan kebaikan. 
Terbiasa dengan "take and give" menjadikan sebagian orang sulit untuk tetap berbuat baik pada orang yang telah menyakitinya. 
Setelah membaca firman Allah diatas sepertinya kita harus tetap melakukan kebaikan kepada orang  yang telah melukai, meskipun itu tidak mudah, namun demi meraih kesempatan perjumpaan dengan Allah SWT, maka kita hendaklah terus berusaha melakukannya untuk itu bersegeralah kita berbuat baik. 
Hendaklah berbuat baik kepada  orang lain bukan saja karena mereka telah berbuat baik pada kita, tapi karena Allah yang senantiasa baik pada kita meskipun kita lalai dengan perintah-Nya, dengan demikian kita akan senantiasa berbuat baik pada orang lain meskipun mereka tak memperlakukan kita dengan baik. 
Apabila kita masih bisa melakukan kebaikan, membantu orang lain, berarti kita memilki kelebihan.Tangan yang memberi pasti lebih mulia dari tangan yang menerima, dan setelah memberi, lupakanlah...... tanpa berharap balasan dari orang tersebut. Semua yang dilakukan hanya berharap Ridho Allah SWT.

                     

Di saat kita melakukan kebaikan, bisa saja orang lain menuduh kita punya pamrih, jangan dipedulikan, bagaimanapun tanggapan mereka, teruslah melakukan kebaikan. Dan kebaikan  yang kita lakukan hari ini, mungkin saja besok sudah dilupakan orang, tapi bagaimanapun, teruslah berbuat baik melakukan kebaikan-kebaikan lebih banyak lagi dan jangan lupa ajaklah orang lain untuk berbuat kebaikan, walaupun akan kita temui sebuah penolakkan.
Bergegaslah untuk melakukan kebaikan... Tapi jangan bergegas-gegas untuk melihat hasilnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar