Sabtu, 25 Januari 2014

# 1Hari 1Ayat : Orang Tua Kunci Surga Kita

Bismillahirromanirrohim

Surah Al Ahqaaf ( 46) ayat 15




wawashshaynaa al-insaana biwaalidayhi ihsaanan hamalat-hu ummuhu kurhan wawadha'at-hu kurhan wahamluhu wafishaaluhu tsalaatsuuna syahran hattaa idzaa balagha asyuddahu wabalagha arba'iina sanatan qaala rabbi awzi'nii an asykura ni'mataka allatii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa-an a'mala shaalihan tardaahu wa-ashlih lii fii dzurriyyatii innii tubtu ilayka wa-innii mina almuslimiina 
15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo'a: "Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni'mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri".

Orang tua adalah pintu pertengahan (pintu terbaik) menuju surga. Bila engkau mau, silakan engkau pelihara. Bila tidak mau , silahkan untuk tidak memperdulikannya ( HR. At Tirmdzi).


               

Melihat foto ini membuat saya haru betapa bahagianya sang ibu telah memilki anak seperti ini,  yang telah melaksanakan kewajibannya sebagai seorang anak laki-laki yang mempunyai kewajiban untuk menjaga ibunya. Seperti kita ketahui bahwa seorang lelaki mempunyai tanggung jawab yang nanti kelak diminta pertanggung jawabannnya di akhirat terhadap 4 wanita yakni; Istrinya, Ibunya, anak perempuannya dan saudara perempuannya.

Oleh karena itu, sebagai istri kita wajib mengingatkan suami akan tanggung jawabannya tersebut untuk tetap menjaga ibu dan saudara perempuannya. Sebagai ibu kita hendaknya memberi tahu kepada anak laki-laki akan tanggung jawabannya tersebut dan kepada anak perempuan untuk membekalinya bahwa kelak ia menjadi istri untuk tetap mengingatkan suaminya akan tanggung jawabannya untuk terus menjaga ibu dan saudara perempuannya, mengingat bahwa ia akan diminta pertanggungjawaban  diakhirat nanti.

Ada rasa sedih juga terselip dihati ini ketika melihat foto ini, karena merasa belum banyak yang telah saya lakukan untuk kedua orang tua saya. Hanya do'a - do'a yang selalu panjatkan untuk mereka berdua, sementara menjaga dan memelihara mereka hingga saat ini belum dapat saya lakukan, jarak yang jauh Balikpapan-Padang menjadi penghalang saya untuk melakukannya, hanya berharap suatu saat saya dapat melakukannya. 

Akan berusaha terus untuk selalu menjaga hatinya agar tidak terluka akan tingkah laku saya padanya. Karena saya tak ingin amal ibadah menjadi sia-sia jika saya melukai hatinya, karena meskipun kita telah melakukan banyak amal ibadah, tapi kita tidak menjaga sikap kita kepada kedua orang tua kita terutama pada ibu akan menjadi sia-sia, bila hatinya sangat terluka karena ulah kita.

Semoga suatu saat saya dapat melakukannya dan dapat memberi yang terbaik untuk mereka berdua. 

Ya Allah, Berilah mereka balasan yang sebaik-baiknya, atas didikan mereka padaku dan Pahala yang besar atas kasih sayang yang mereka limpahkan padaku, peliharalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku.













1 komentar: