Selasa, 02 Maret 2010

Manfaat puasa bagi kesehatan

Makanan dan minuman yang setiap hari kita konsumsi , selain mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh ( zat gizi ) , namun tak terhindar juga mengandung bahan-bahan yang membahayakan tubuh, karena kita mengkonsumsinya sering melebihi kebutuhan tubuh kita. Zat – zat gizi tadi menjadi zat yang membahayakan tubuh ( toksin atau racun ) yang lama-kelamaan tertimbun dalam tubuh. Jika bahan toksin yang tertimbun dalam tubuh kita menjadi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah bagi tubuh kita. Kita ambil contoh cholestrol dalam darah, kita sudah mengetahui ini akan meyebabkan penyempitan dan berkurangnya elastisitas pembuluh darah ini akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Wow … jika ini terjadinya di otak sangat berbahaya sekali karena akan melumpuhkan system koordinasi tubuh.

Alhamdulillah , bagi ajaran agama kita ( Islam ) diwajibkan kepada kita berpuasa. Apakah makna / hikmah dibalik anjuran berpuasa bagi kita semua ?? Puasa memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita , ketenangan jiwa , dan tak kalah istimewanya bagi kita wanita , puasa memberikan kecantikan. Pasti muncul pertanyaan apa benar memberikan kecantikan ??


Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan toksin ( racun ) , kotoran dalam tubuh . Ketika berpuasa, cadangan energy yang tersimpan dalam organ-organ tubuh dikeluarkan. Penggunaan energy cadangan ini menyebabkan toksin terbuang, sehingga melegakan pernapasan organ –organ tubuh serta sel-sel penyimpannya dan sel-sel tubuh dibersihkan. Akibat dari detoksifikasi inilah terjadi peremajaan sel dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak dengan sel – sel yang baru serta memperbaiki fungsi hormone menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh ( kekebalan )

Dengan berpuasa terjadi detoksifikasi sehingga kulit akan terlihat lebih segar, sehat, lembut dan berseri karena proses peremajaan sel-sel tubuh berjalan lebih baik. Detoksifikasi menyebabkan eritrosit meningkat. Meningkatnya eritrosit maka suplai oksigen ke sel-sel tubuh semakin banyak menyebabkan proses peremajaan sel-sel tubuh berjalan lebih baik. Oleh karena itu orang sering berpuasa kulitnya akan terlihat lebih segar, sehat, lembut dan berseri , inilah yang memberikan kecantikan pada kulit. Berpuasa juga menyebabkan kadar cholesterol , LDL cholesterol menurun, ini menjaga elastisitas pembuluh darah.

Dari paparan diatas dapat kita buktikan dengan hasil pemeriksaan laboratorium. Ini dibuktikan dengan memeriksakan darah sebelum berpuasa dan sesudah berpuasa.

Pemeriksaan Sebelum puasa
eritrosit 3,98 juta/mm3
cholesterol 197 mg/dl
LDL cholesterol 139 mg/dl

Pemeriksaan Sesudah puasa
eritrosit 4,34 juta/mm3
cholesterol 137 mg/dl
LDL cholesterol 80 mg/dl

Pemeriksaan normal
eritrosit 4,0-5,0 juta/mm3
cholesterol < 200 mg/dl
LDL cholesterol < 150 mg/dl

Pemeriksaan laboratorium diatas saya lakukan beberapa minggu sebelum puasa bulan Ramadhan dan 5 hari sesudah puasa bulan Ramadhan tepatnya 25 September 2009, puasa yang saya jalani hanya 20 hari saja ( biasa wanita ! mengalami siklus bulanan ). Jika puasa itu dilakukan 30 hari pasti lebih banyak penurunan kadar cholesterol , LDL cholesterol .

Setelah kita ketahui manfaat puasa, apakah kita masih berpuasa hanya sekedar menggugurkan kewajiban? Marilah kita jalani puasa dengan sepenuh hati agar manfaat bagi kesehatan dan manfaat spiritualnya kita dapati ( kesehatan meningkat , keimanan meningkat ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar