Rabu, 01 Januari 2014

#1 Hari 1 Ayat : Bermegah-megah

pBismillahirromanirrohim


alhaakumu alttakaatsuru 

Bermegah-megah telah melalaikan kamu. ( At Takasur, ayat 1)

Setiap manusia mempunyai keinginan  kehidupan yang bermegah - megah dalam soal dunia. Kita lihat sekarang banyak sekali orang-orang berlomba-lomba mengejar materi untuk memenuhi kehidupan yang berlimpah.  Tapi tak jarang justru bermegah-megah itulah yang membuat manusia lalai terhadap kewajiban untuk menunaikan ibadah. 

Misalkannya saja kegiatan pesta menyambut tahun baru yang baru saja diselenggarakan kemaren malam. Pesta tersebut dimulai sejak sore hari.  Para pengunjung pesta tersebut itu sudah berada di lokasi pesta sejak sore hari atau mungkin saja sejak siang hari, lalu saya berpikir, bagaimanakah mereka menunaikan shalatnya, apa tidak merasa merugi ya kehilangan waktu shalat , pesta itu telah melenakan manusia.  Padahal pesta menyambut tahun baru bukanlah budaya muslim, tapi mengapa perayaan tahun baru tersebut begitu megah diadakan.  

Dalam rangka menyambut pergantian tahun, banyak orang-orang sudah mempersiapkan sejak beberapa hari sebelumnya, biaya yang dipersiapkan juga begitu banyak untuk mempersiapkan acara tersebut, hanya dalam waktu beberapa jam saja, telah banyak materi yang digunakan secara mubazir. Sementara saudara-saudara kita yang miskin, masih menahan lapar,  masih menahan rasa sakit karena tak mampu berobat terabaikan, betapa mirisnya hati ini. Pernahkah membayangkan air mata mereka yang serba kekurangan itu  melihat pesta yang begitu megah diselenggarakan, membayangkan uang yang terbuang percuma oleh sebagian orang.

Jelas sekali sudah bahwa " bermegah-megah telah melalaikan manusia"
Pada surat At Takasur , dijelaskan bahwa manusia di ingatkan bahwa bermegah-megah menjadikan manusia lalai akan kewajibannya  melaksanakan ibadah, lalai akan kewajiban membantu sesama.












     


4 komentar:

  1. Perayaan tahun baru spt itu ada dimana-mana.. sehingga dianggap 'wajar' ya mbak.
    Padahal memang sebenarnya sayang sekali uang sebanyak itu dihamburkan begitu saja hanya utk pesta sesaat.

    Kira2 apa ya tulisan 1 ayat 1 hari utk hari ini?

    BalasHapus
  2. mbak Reni makasih ya suport utk ikut GA ini

    BalasHapus
  3. Pesta pora menyambut tahun baru tdk ada manfaatnya ya mba...

    BalasHapus