Kamis, 02 Januari 2014

#1 Hari 1 Ayat ; Sujudlah pada-Nya di sepertiga malam

Bismillahirromanirrohim
Al Isra, ayat 79


wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka 'asaa an yab'atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaan 
79. Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
Bangun ditengah malam, bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang, begitu juga dengan saya yang pada awalnya juga merasakan sangat berat dan walaupun sekarang sudah berlangsung bertahun-tahun, kadang-kadang rasa kantuk terus saja menggoda saya untuk bangun ditengah malam melaksanakan shalat tahajjud. Tapi rasa kantuk dan malas segera saya tepis karena menyadari bahwa tingginya nilai ibadah di sepertiga malam tersebut yang menjadi motivasi saya untuk terus melaksanakan shalat tahajjud, dan akhirnya menjadi keharusan bagi saya untuk bangun di sepertiga malam tersebut.
Shalat Tahajjud adalah shalat sunat yang diperintahkan oleh Allah kepada Rasullah pada surat Al Muzzammil ( Hai orang yang berselimut /Muhammad, bangunlah untuk bersembahyang dimalam hari ) dan di surat Al Isra ayat 79 ini. Bagi siapa yang mengerjakannya, maka Allah memberikan kemuliaan kepada hamba-Nya yang mengerjakan dengan penuh keihklasan. Disamping kemulian yang akan diperoleh, shalat Tahajjud juga memberikan dampak yang sangat baik bagi tubuh kita.
Manfaat apakah di balik shaolat tahajjud tersebut ?

Sholat Tahajjud adalah shalat yang kita lakukan di 1/3 malam, banyak sekali keistimewaannya diantaranya dari sisi kesehatan,  adalah:

  • Sholat Tahajjud dapat membantu terbentuknya cakra mahkota menurut tradisi India. Sehingga meningkatkan intuisi dan mengendalikan emosi.
  • Sholat Tahajjud dapat menstabilkan hormon melatonin.

Hormon Melatonin dihasilkan oleh kelenjar Pineal yang terdapat didasar otak. Adapun fungsi hormon melatonin ini adalah : 

  • Menjaga keharmonisan metabolisme sel, mempertahankan efisiensi /efektivitas kerja sel, membuat sel tidak mudah rusak sehingga meningkatkan daya tahan sel terhadap berbagai gangguan dari luar.
  • Dapat menghambat peningkatan kolesterol sehingga mencegah pembentukan endapan plak yang menyumbat dinding pembuluh darah sehingga baik digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sebab melatonin cukup efektif dalam proses menetralisir gugus OH yang menjadi sasaran dalam proses penghancuran radikal bebas yang menyerang tubuh, bahkan dalam beberapa riset dikabarkan lebih kuat dibandingkan antioksidan lain seperti vitamin E, C, selenium atau glutation.
  • Mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang terutama terhadap mood.
  • Membantu tubuh memerangi sel-sel kanker seperti pada kanker payudara, kanker prostate, penyakit Parkinson, dan jantung aritmia. Melatonin berperan mendorong aktifitas antioksidan secara optimal di dalam tubuh sehingga mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsinogenik penyebab kanker dan memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.
  • Berperan sebagai sistem alami yang mengatur masa penuaan tubuh, melatonin disebut sebagai hormon awet muda. Supaya kondisi awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup, maka mempertahankan produksi melatonin agar senantiasa optimal sangat penting.
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Begitu banyaknya manfaat hormon melatonin ini, maka kita seharusnya mempertahankan dan meningkatkan produksi hormon ini. Kerja Kelenjar Pineal pada malam hari dan puncaknya pada jam 02.00 - 03.00 dini hari. That's Tahajjud time !!! . So... melakukan sahalat tahajjud membantu menstabilkan hormon melatonin ini. Jadi ini adalah sebagian dari keistimewaan shalat Tahajjud.

Jika masih ada yang belum melakukannya, ada saran nih, Awal-awal lakukanlah dengan cara melaksanakannya 20 / 30 menit sebelum waktu subuh ( gak berat khan bangun paginya lebih cepat..??) lakukanlah shalat tahajjud 2 rakaat. Lakukan setiap hari, seiring perjalanan waktu, barulah di tingkatkan bangunnya lebih awal lagi, rakaatnya lebih banyak. 

Memang pada  awalnya terpaksa......selanjutnya akan bisa ......dan pada akhirnya jadi terbiasa. Jika sudah pada tahap terbiasa, bila pada suatu saat kita tidak melakukannya, akan merasa ada yang sesuatu yang kurang dalam aktivitas harian kita.

Setelah kita mengetahui keistimewaan shalat Tahajjud, yuukk......kita lakukan dengan istiqomah.


2 komentar:

  1. Banyak sekali manfaat yg didapat jika kita sholat Tahajud yg dilakukan terus menerus y mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ...smg kita dapat melaksanakan dgn istiqomah

      Hapus