Minggu, 01 Desember 2013

Al -Quran is lifestyle

   Bismillahirromanirrohim


picture by google

Malu sekali diri ini melihat foto tersebut,  dimana mereka menjadikan Al - Quran is lifestyle  mereka,
Membaca dan memahami Al-Quran telah menjadi kebutuhannya,  sehingga ingin selalu membaca dan mempelajari & memahaminya.
Sementara  saya masih di level menggugurkan kewajiban yaitu wajib membacanya. 
Belum pada level memahaminya sehingga menjadi acuan di setiap tindakan dalam kehidupan sehari-harinya..... Astaqfirullah.
Dan disaat punya waktu senggang saya masih lebih banyak membaca buku karangan manusia,  bukannya ayat-ayat yang datang 
dari Allah Yang Maha Perkasa ( Al -Quran )

Padahal Al-Quran yang akan memberi pertolongan di akhirat nanti, seperti yang telah dijelaskan keutamaann Al-Quran

" Bacalah Al-Quran..! Sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi pertolongan kepada pembacanya. ( HR Muslim )

" Sesungguhnya Allah mengangkat derajat kaum - kaum dengan Al-Quran dan menjatuhkan kaum-kaum yang lain dengan Al-Quran  (HR Muslim)

Saya sangat iri dan malu melihat anak-anak yang masih belia tapi sudah mampu menghafalkan Al-Quran
Ingin sekali seperti mereka mampu menghafal Al-Quran. 
Sudah saatnya saya harus bulatkan tekad untuk berusaha menghafalkan Al-Quran.
Saya harus menyakinkan diri saya..."In Shaa Allah, saya bisa". 
Karena Allah mengatakan bahwa Al-Quran itu mudah. Sebagaimana dalam Firman-Nya di Surah ke 54 Al-Qamar ayat 17..... 



walaqad yassarnaa alqur-aana lildzdzikri fahal min muddakirin 
( Dan sesungguhnya, telah Kami mudahkan Al-Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran ?

Firman Allah yang menjelaskan bahwa Al -Quran itu mudah di ulang - ulang pada ayat 22, 32 dan 40. 
Jelas sekali ya, bahwa Allah memberikan kemudahan pada kita mempelajari Al-Quran, tinggal kesungguhan kita aja lagi nih.

Saya mendapatkan tips cara-cara mudah menghafalkan Al-Quran.
Diawali dengan doa, bermohon kepada Allah agar dimudahkan-Nya dalam menghafal Al-Quran selain doa tak kalah penting adalah niat, bahwa niatnya semata-mata mengharapkan Ridho-Nya, serta jangan lupa memasang target harian.

Disarankan untuk memulai pada juz 30 karena pada juz tersebut terdapat ayat-ayat yang pendek, memudahakanuntuk memgawali kita menghafal Al-Quran, setelah itu berlanjut pada juz 29, 28, 27 dst dan disarankan juga menggunakan Mushafnya yang sama, jangan di ganti-ganti, karena bentuk
 mushaf itu akan mempengaruhi struktur hafalan kita di memori otak.

Tips-Cara-Mudah-Menghafal-Al-Quran-Tanpa-Menghafal
1. Baca ayat pertama dengan detil dan tartil, kemudian ulangi lagi sebanyak 20 kali. Mungkin pada awalnya anda mengucapkannya terbatah-batah tapi pada pengucapan yang ke 20 saya yakin In Shaa Allah anda sudah fasih mengucapkannya bahkan tanpa melihat lagi. Cukup membaca dan jangan menghafal, apalagi memejamkan mata. (1x20)

2. Baca ayat kedua menggunakan metode yang sama yaitu dibaca sebanyak 20 kali. Bila telah usai maka gabungkan ayat 1 dan 2. Jadi bacalah ayat pertama, lanjutkan dengan ayat kedua kemudian ulangi lagi baca ayat pertama, lalu kedua. Lakukan lagi membaca ini sebanyak 20 kali. ((2x20) +((1+2)x20)).

3. Baca ayat ke tiga menggunakan metode yang sama yaitu dibaca sebanyak 20 kali. Bila telah usai maka bacalah ayat 1,2 dan 3 kemudian ulangi sebanyak 20 kali. ((3x20) + ((1+2+3)x20)).

4. Begitu juga dengan ayat ke 4. ((4x20) + ((1+2+3+4)x20)).

5. Pada ayat ke 5 juga anda lakukan cara yang sama. ((5x20) + ((1+2+3+4+5)x20)). Nah pada langkah ke lima ini anda simpan dulu apa yang telah anda dapatkan. 
Dan In Syaa Allah telah dapat membaca ayat 1-5 dengan lancar tanpa melihat Al Quran lagi alias hafal, bahkan letak titik dan komanya  tahu. 

Melihat cara-cara diatas semakin mempermudah menghafal Al-quran.Jadi mulai saat ini saya tekadkan untuk mencobanya .... semoga Allah memudahkannya... Aamiin


6 komentar:

  1. saya jadi malu Bund, lebih asyik dengan kegiatan lain ketimbang membaca Qur'an...bahkan jarang sekali saya posting tentang cuilan surah dalam Qur'an...haduh gimana ini to...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah kekurangan kita, mbak....
      Yuk sama2 kita mulai sekarang, mbak .... belum ada kata terlambat
      semoga Allah memudahkannya

      Hapus
  2. Benar sekali mbak, tapi jangan berputus asa karena buku2 karangan manusia yang kita baca juga memberi sederetan ilmu yang mesti di gali, dan menurut saya alquran memuat itu di dalam nya mesti tidak se spesifik alquran.. Maaf jika saya salah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. membaca buku tidak salah, mbak.... tanpa meninggalkan utk membaca Al-Quran

      Hapus
  3. gimana ya, aku sendiri masih jarang. Cuma kalau ada kajian atau pembahasan seperti qurais shihab seneng banget.

    BalasHapus