Senin, 11 Juni 2012

Kerokan , Ternyata Aman


Bismillahirrohmanirrohiim.

Google's picture
Dimasyarakat KEROKAN sangat populer sekali , terutama jika mengalami kondisi badan yang tidak sehat karena masuk angin . pengobatan yang biasa di lakukan adalah KEROKAN.

Tapi sebagian masyarakat ada yang tidak mau dengan pengobatan seperti ini, dengan alasan ngeri melihat kulitnya menjadi kemerah - merahan atau takut tidak aman.


Mengapa orang memilih pengobatan dengan cara kerokan ? Alasannya, mereka merasakan badan lebih cepat terasa segar kembali dibandingkan minum obat. Loh kok bisa begitu ya, sobat ...???

Dari hasil penelitian di UNS Solo, dijelaskan bahwa disaat kulit mendapat tekanan karena kerokan , tubuh melepaskan hormon ENDORPHIN, dengan adanya hormon inilah meyebabkan hilangnya rasa sakit itu, dan rasa tak nyaman pada tubuh tersebut hilang dengan cepat.

ENDORPHIN adalah substansi yang dapat  membunuh rasa sakit, memunculkan rasa gembira,  menghilangkan perasaan sedih, stress, depresi, cemas, dan semacamnya. Jadi tak heran sehabis kerokan, tubuh kita terasa nyaman, segar kembali, karena rasa sakit itu telah di bunuh oleh hormon ENDORPHIN tersebut.

Pembuluh darah dibawah kulit setelah kerokan menjadi lebih lebar sehingga menyebabkan suplai oksigen kedalam tubuh lebih banyak. Inilah yang menyebabkan kita merasakan  lebih segar lagi.

OH ya, kulit yang menjadi kemerah - merahan itu bukan karena adanya pembuluh darah yang pecah loh , sobat. Gak usah takut deh kalau kulit menjadi kemerah - merahan, gak ada  cairan darah yang keluar dari pembuluh darah, kemerah - merahan pada kulit tersebut itu hanya ada iritasi akibat tekanan dari kerokan tersebut, yang akan hilang beberapa hari kemudian.

Jadi bagi yang punya kebiasaan  kerokan tak perlu cemas, karena kerokan AMAN kok, sobat. Hanya saja yang perlu di waspadai adalah agar tidak melakukan kerokan pada leher bagian depan, karena bagian tersebut terdapat banyak simpul - simpul saraf ke otak dan pada bagian itu juga terdapat banyak tulang - tulang rawan yang mudah sekali mengalami cedera.

OK , Sobat .... semoga bermanfaat ya  ^_^ 


10 komentar:

  1. Kalau kerokan sedemikian manfaatnya, apalagi BEKAM lho Mbak :)

    BalasHapus
  2. wah juga suka kerokan..cepet enak badan.

    BalasHapus
  3. Owh baru tahu nih Bun..tapi ada yang bilang "ntar pori² yang ada pada kulit jadi lebar dan mengakibatkan kekeriputan pada kulit", meski saya gak percaya sama asumsi itu, saya adalah orang sering melakukan KEROKAN hehe

    BalasHapus
  4. benarkah..?

    saya sih baru sekali kerokan.. enak sih, tapi katanya tidak bagus.. :)

    BalasHapus
  5. wah berarti kudu hati2 ya. gak boleh kerokan di leher depan...hmm...makasih infonya, mbak

    BalasHapus
  6. Kalo aku paling nggak suka kerokan. Alasannya... sakiiiit, periiih, pokoknya mending tidur seharian kalo pas masuk angin hehehe

    BalasHapus
  7. betul mbak sakit karena masuk angin dengan kerokan bisa sembuh, hanya dengar-dengar katanya kalau terlalu sering tidak bagus juga sih pembuluh darah melar atau bisa jadi kejepit, mulai kapan akftif ngeblog lagi nih, saya sering ngikut status FBnya saja

    BalasHapus
  8. kerokan memang pengobatan tradisional
    yang ternyata aman
    dan satu lagi
    baru tahu saya mbak ada kerokan di leher bagian depan hehehe....

    terima kasih untuk infonya
    salam persahabtan

    BalasHapus
  9. kalau gak enak badan , obat paling enak ya di kerokin...hehhe

    BalasHapus