Kamis, 10 November 2011

Tugas Tambahan


Bismillahirrohmanirrohiim.

Mulai tahun ajaran ini aku mendapatkan tugas tambahan selain mengajar yakni menjadi WMM ( Wakil Menajemen Mutu ) dan ini tak bisa ku elakkan lagi, maklum sudah terlalu sering menolak tugas tambahan bukan karena "malas" loh.... hanya merasa sulit membagi waktu dengan keluarga. 

Pada  saat aku berada di Sarana Prasarana... sering kali mengambil jatah waktu berkumpul dengan keluarga, jadi sering gak enak hati aja dengan suami dan anak, walau mereka memakluminya. Jadi ku pikir 3 tahun cukuplah aku berada di bagian Sarana Prasarana yang tugasnya banyak banget, plus komplinnya juga  banyak dari berbagai pihak, mulai dari gangguan AC, kebersihan di kelas, dan berbagai fasilitas disemua ruang dan unit kerja. Yang gak betahnya kalau mereka komplin sering disertai dengan nada-nada emosi.... duh butuh kesabaran untuk tidak emosi juga. Alhamdulillah aku punya tim kerja denga pihak purna bakti ( cleaning service ) yang sangat membantu dan memengertii aku.


Lepas dari Sas- Pras... eh malah di beri tugas yang lebih besar lagi, WMM... oh no... itu harus mengkoordinir semua unit kerja, melibatkan tim kerja dengan semua wakil kepala sekolah. Dan ini tak boleh lagi aku menolaknya.... ya pasrah aja lah menerimanya. Semoga mampu menjalaninya dengan baik.

Menjelang dilakukannya audit eksternal ISO 9001 kesibukkannya mulai terasa nih. Beberapa minggu ini yang ku lakukan adalah mengambil data "Kepuasan Pelanggan" dengan sistem angket dari siswa-siswa karena di sekolah pelanggan nya adalah siswa.

Maka sibuklah aku beberapa minggu ini dari kelas-kelas untuk mendapatkan angket dari siswa-siswa. Adapun yang angket yang ingin di dapatkan adalah :

Unit Kerja         : Sarana Prasarana. 
Perihal               : Kebersihan dan Sarana Olahraga

A.   Kelas
       1.      Kebersihan Kelas
      2.      Kondisi Kelas Terang
      3.      Kenyamanan dalam kelas

B.    Laboratorium dan Media
       1.      Kebersihan Ruang laboratorium
      2.      Pelayanan Petugas Laboratorium
      3.      Kenyaman Ruang Laboratorium
      4.      Kelengkapan Peralatan Laboratorium

C.    Perpustakaan
       1.      Kebersihan Ruang Perpustakaan
      2.      Pelayanan Petugas Perpustakaan
      3.      Kenyamanan Ruang Perpustakaan
      4.      Kelengkapan Koleksi Perpustakaan

D.   Kantin
       1.      Kebersihan Kantin
      2.      Pelayanan Petugas Kantin
      3.      Makanan fresh / Baru

E.    Olahraga
       1.      Lapangan yang tersedia
      2.      Alat Olahraga yang tersedia

F.    WC.
       1.      Kebersihan
      2.      Persediaan Air

Unit Kerja     : Kurikulum 
Perihal           : Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.

Aspek layanan pelanggan :
       1.      Guru mengawali dan mengakhiri pelajaran tepat waktu
      2.      Guru berpenampilan menarik dan rapi pada saat mengajar
      3.      Guru sebelum mengajar menyampaikan judul materi dan tujuan pembelajaran
      4.      Guru memberi motivasi/semangat belajar dan pujian kepada siswa saat pelajaran berlangsung
      5.      Guru menyampaikan pelajaran dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa
      6.      Guru berada di kelas pada saat pelajaran berlangsung
      7.      Guru membantu siswa yanag mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal
      8.      Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa berkaitan dengan materi yang baru diberikan
      9.      Hasil Ulangan dikembalikan / diberitahukan kepada siswa
     10.     Tugas dibahas oleh guru bersama-sama dengan siswa
   
Unit Kerja     : Kesiswaan 
Perihal           : Penerimaan Siswa Baru dan Mutasi Siswa

Aspek layanan pelanggan


       1.      Informasi Penerimaan Siswa Baru melalui brosur yang dibuat sekolah

      2.      Pelayanan Penerimaan Siswa Baru denga
        one day service

      3.      Kemudahan dalam penyelesaia
        administrasi siswa baru

      4.      Pelayanan panitia Penerimaan Siswa Baru
        pada calon siswa baru

      5.      Penjelasan materi tes yang akan diikuti
        bagi siswa baru pindahan sesuai dengan
        jurusan / tingkatan

      6.      Penempatan siswa baru pada tingkatan
        /jurusan yang sesuai
  
Unit Kerja     : Kesiswaan
Perihal           : Kegiatan Ekstra Kurikuler

Aspek layanan pelanggan


1.     Informasi kegiatan ekstrakurikuler melalui edaran yang dibuat sekolah

2.    Koordinasi dengan pembina dan pelatih ekstrakurikuler

3.    Kemudahan layanan pertukaran bidang ekstrakurikuler yang telah dipilih siswa

4.    Informasi perubahan jadwal kegiatan ekstrakurikuler

5.    Pemberian ijin / dispensasi dalam mengikuti lomba atau partisipasi dengan pihak lain





 Unit Kerja     : Kesiswaan

Perihal           : Pemilihan Pengurus OSIS

Aspek layanan pelanggan


1.     Pemberian informasi kegiatan pemilihan pengurus OSIS melalui edaran sekolah

2.    Pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS:
a. Tahap rekruitmen calon
     pengurus OSIS

.b. Tahap seleksi calon pengurus OSIS

 c. Tahap pemilihan Pengurus OSIS

3.    Pembinaan terhadap pengurus OSIS yang terpilih

  
Unit Kerja     : Tata Usaha

Perihal          : Tata Persuratan

Aspek layanan pelanggan


1.     Kejelasan informasi pelayanan

2.    Kecepatan pemberian pelayanan

3.    Kemudahan pelayanan

4.    Keakuratan pelayanan

5.    Keterbukaaan informasi pelayanan

6.    Keramahan petugas

7.    Ketepatan waktu pelayanan

8.    Kemanfatan pelayanan




Jadi kebayang khan sobat..... banyaknya angket yang harus aku olah datanya. Tapi yang melegakannya aku, ini  tidak seperti di Sas-Pras dulu, pekerjaan ini bisa aku kerjakan dirumah, jadi gak harus lembur di kantor. Bisalah di sambil dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. 
Semoga dengan tim yang lain bisa terjalin kerja sama yang baik.... tantangannya disini nih....aku bekerja dengan senior-senior ku. Alhamdulillah tadi baru saja aku mengadakan rapat koordinasi untuk audit internal dengan berjalan lancar. 

OK.... sobat itu sekilas info  tentang kesibukkan untuk beberapa minggu kedepan hingga audit eksternal di bulan Desember nanti. Mohon do'anya ya.... semoga sertifikat ISO 9001-  yang sudah  sekolahku   miliki dapat dipertahankan.

9 komentar:

  1. barusan buka blog ini, ijin follow yah...

    BalasHapus
  2. Psd tepat di hari pahlawan ini berkibar. Tanpa harus ada kata mengenal lelah, dari setiap langkah dan tetesan keringat untuk sebuah pengabdian untuk anak didik.

    Itulah pahlawan, bukan hanya untuk bangsa ini, namun juga untuk keluarga.

    Selamat hari Pahlawan bagi seluruh anak keturunan pahlawan dalam kehidupan pribadi masing-masing jiwa yang ada.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  3. Dear.

    waahhh lengkap sekali ulasannya... sangat detail... semoga semakin sabat yaaa... kami juga pernah kerja di tarakan, tidung pala dan nunukan at least 2 tahun....


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum Mba Sukma, salam kenaal.. :)

    semoga sukses dan lancar sertifikasi ISO-nya yah, Insya Allah dapat dipertahankan.
    aku dulu juga kerja di bagian yang mengurus ttg ISO, jadi aku faham pasti Mba Sukma sibuuk banget.. :)

    BalasHapus
  5. Lho, kemarin aku udah komen disini lho mbak.. kok gak ada ya? Hemmm.. pasti gagal terkirim karena internetku yg lemot nih ya...

    Rupanya mbak sukma akhir2 ini sangat sibuk ya? Pantas aja jarang update blog.

    Syukurlah pekerjaannya udah kelar, semoga saja lancar sertifikasi ISO-nya.

    BalasHapus
  6. sekolah udh kayak perusahaan saja. standar pelayanan memang perlu, tapi bukan berarti untuk meningkatkan itu hanya dg uwang, biaya dibebankan ke murid2. salam kenal bu guru. dari guru SD di bawah gunung rinjani, lombok.

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum Mbak Sukma,
    wah selamat ya mendapatkan tugas tambahan baru. Kalo kita menikmati tugas yang diembankan sebagai amanah, Insya Alloh selama proses dan hasilnya akan banyak terdapat kemudahan. Semoga ini menjadi hal yang sangat baik untuk karir Mbak Sukma, amin

    BalasHapus
  8. Karna Ini bunda sibuk ya, moga semua berjalan lancar ya Bun.
    Ternyata di sekolah ada ISO juga ya bun, saya pikir hanya di perusahaan aja...

    BalasHapus