Bismillahirrohmanirrohiim.
Mulai tahun ajaran ini aku mendapatkan tugas tambahan selain mengajar yakni menjadi WMM ( Wakil Menajemen Mutu ) dan ini tak bisa ku elakkan lagi, maklum sudah terlalu sering menolak tugas tambahan bukan karena "malas" loh.... hanya merasa sulit membagi waktu dengan keluarga.
Pada saat aku berada di Sarana Prasarana... sering kali mengambil jatah waktu berkumpul dengan keluarga, jadi sering gak enak hati aja dengan suami dan anak, walau mereka memakluminya. Jadi ku pikir 3 tahun cukuplah aku berada di bagian Sarana Prasarana yang tugasnya banyak banget, plus komplinnya juga banyak dari berbagai pihak, mulai dari gangguan AC, kebersihan di kelas, dan berbagai fasilitas disemua ruang dan unit kerja. Yang gak betahnya kalau mereka komplin sering disertai dengan nada-nada emosi.... duh butuh kesabaran untuk tidak emosi juga. Alhamdulillah aku punya tim kerja denga pihak purna bakti ( cleaning service ) yang sangat membantu dan memengertii aku.
Lepas dari Sas- Pras... eh malah di beri tugas yang lebih besar lagi, WMM... oh no... itu harus mengkoordinir semua unit kerja, melibatkan tim kerja dengan semua wakil kepala sekolah. Dan ini tak boleh lagi aku menolaknya.... ya pasrah aja lah menerimanya. Semoga mampu menjalaninya dengan baik.
Menjelang dilakukannya audit eksternal ISO 9001 kesibukkannya mulai terasa nih. Beberapa minggu ini yang ku lakukan adalah mengambil data "Kepuasan Pelanggan" dengan sistem angket dari siswa-siswa karena di sekolah pelanggan nya adalah siswa.
Maka sibuklah aku beberapa minggu ini dari kelas-kelas untuk mendapatkan angket dari siswa-siswa. Adapun yang angket yang ingin di dapatkan adalah :
Unit Kerja : Sarana Prasarana.
Perihal :
Kebersihan dan Sarana Olahraga
A.
Kelas
|
1.
Kebersihan Kelas
|
2.
Kondisi Kelas Terang
|
3.
Kenyamanan dalam kelas
|
B.
Laboratorium dan Media
|
1.
Kebersihan Ruang laboratorium
|
2.
Pelayanan Petugas Laboratorium
|
3.
Kenyaman Ruang Laboratorium
|
4.
Kelengkapan Peralatan Laboratorium
|
C.
Perpustakaan
|
1.
Kebersihan Ruang Perpustakaan
|
2.
Pelayanan Petugas Perpustakaan
|
3.
Kenyamanan Ruang Perpustakaan
|
4.
Kelengkapan Koleksi Perpustakaan
|
D.
Kantin
|
1.
Kebersihan Kantin
|
2.
Pelayanan Petugas Kantin
|
3.
Makanan fresh / Baru
|
E.
Olahraga
|
1.
Lapangan yang tersedia
|
2.
Alat Olahraga yang tersedia
|
F.
WC.
|
1.
Kebersihan
|
2.
Persediaan Air
|
Perihal : Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.
1.
Guru mengawali dan mengakhiri pelajaran
tepat waktu
|
2.
Guru berpenampilan menarik dan rapi pada
saat mengajar
|
3.
Guru sebelum mengajar menyampaikan judul
materi dan tujuan pembelajaran
|
4.
Guru memberi motivasi/semangat belajar dan
pujian kepada siswa saat pelajaran berlangsung
|
5.
Guru menyampaikan pelajaran dengan jelas dan
mudah dimengerti oleh siswa
|
6.
Guru berada di kelas pada saat pelajaran
berlangsung
|
7.
Guru membantu siswa yanag mengalami
kesulitan dalam menyelesaikan soal
|
8.
Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
siswa berkaitan dengan materi yang baru diberikan
|
9.
Hasil Ulangan dikembalikan / diberitahukan
kepada siswa
|
10.
Tugas dibahas oleh guru bersama-sama dengan
siswa
|
Unit Kerja : Kesiswaan
Perihal : Penerimaan Siswa Baru dan Mutasi
Siswa
Aspek
layanan pelanggan
|
||||||||||||||
1.
Informasi Penerimaan Siswa Baru melalui
brosur yang dibuat sekolah
|
||||||||||||||
2.
Pelayanan Penerimaan Siswa Baru denga
one
day service
|
||||||||||||||
3.
Kemudahan dalam penyelesaia
administrasi
siswa baru
|
||||||||||||||
4.
Pelayanan panitia Penerimaan Siswa Baru
pada calon siswa baru
|
||||||||||||||
5.
Penjelasan materi tes yang akan diikuti
bagi siswa baru pindahan sesuai dengan
jurusan / tingkatan
|
||||||||||||||
6.
Penempatan siswa baru pada tingkatan
/jurusan yang sesuai
Perihal : Kegiatan Ekstra Kurikuler
|
Unit Kerja : Kesiswaan
Perihal : Pemilihan Pengurus OSIS
Aspek layanan pelanggan |
||
1. Pemberian informasi kegiatan pemilihan pengurus OSIS melalui edaran
sekolah
|
||
2. Pelaksanaan pemilihan pengurus OSIS:
a. Tahap rekruitmen calon
pengurus OSIS
|
||
.b. Tahap seleksi calon pengurus OSIS
|
||
c. Tahap pemilihan Pengurus OSIS
|
||
3. Pembinaan terhadap pengurus OSIS yang terpilih
|
Unit Kerja : Tata Usaha
Perihal :
Tata Persuratan
Aspek
layanan pelanggan
|
|
1. Kejelasan informasi pelayanan
|
|
2. Kecepatan pemberian pelayanan
|
|
3. Kemudahan pelayanan
|
|
4. Keakuratan pelayanan
|
|
5. Keterbukaaan informasi pelayanan
|
|
6. Keramahan petugas
|
|
7. Ketepatan waktu pelayanan
|
|
8. Kemanfatan pelayanan
|
Jadi kebayang khan sobat..... banyaknya angket yang harus aku olah datanya. Tapi yang melegakannya aku, ini tidak seperti di Sas-Pras dulu, pekerjaan ini bisa aku kerjakan dirumah, jadi gak harus lembur di kantor. Bisalah di sambil dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
Semoga dengan tim yang lain bisa terjalin kerja sama yang baik.... tantangannya disini nih....aku bekerja dengan senior-senior ku. Alhamdulillah tadi baru saja aku mengadakan rapat koordinasi untuk audit internal dengan berjalan lancar.
OK.... sobat itu sekilas info tentang kesibukkan untuk beberapa minggu kedepan hingga audit eksternal di bulan Desember nanti. Mohon do'anya ya.... semoga sertifikat ISO 9001- yang sudah sekolahku miliki dapat dipertahankan.
barusan buka blog ini, ijin follow yah...
BalasHapusPsd tepat di hari pahlawan ini berkibar. Tanpa harus ada kata mengenal lelah, dari setiap langkah dan tetesan keringat untuk sebuah pengabdian untuk anak didik.
BalasHapusItulah pahlawan, bukan hanya untuk bangsa ini, namun juga untuk keluarga.
Selamat hari Pahlawan bagi seluruh anak keturunan pahlawan dalam kehidupan pribadi masing-masing jiwa yang ada.
Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog
Dear.
BalasHapuswaahhh lengkap sekali ulasannya... sangat detail... semoga semakin sabat yaaa... kami juga pernah kerja di tarakan, tidung pala dan nunukan at least 2 tahun....
regards.
... Ayah Double Zee ...
Assalamu'alaikum Mba Sukma, salam kenaal.. :)
BalasHapussemoga sukses dan lancar sertifikasi ISO-nya yah, Insya Allah dapat dipertahankan.
aku dulu juga kerja di bagian yang mengurus ttg ISO, jadi aku faham pasti Mba Sukma sibuuk banget.. :)
Lho, kemarin aku udah komen disini lho mbak.. kok gak ada ya? Hemmm.. pasti gagal terkirim karena internetku yg lemot nih ya...
BalasHapusRupanya mbak sukma akhir2 ini sangat sibuk ya? Pantas aja jarang update blog.
Syukurlah pekerjaannya udah kelar, semoga saja lancar sertifikasi ISO-nya.
sekolah udh kayak perusahaan saja. standar pelayanan memang perlu, tapi bukan berarti untuk meningkatkan itu hanya dg uwang, biaya dibebankan ke murid2. salam kenal bu guru. dari guru SD di bawah gunung rinjani, lombok.
BalasHapushadir neng..salam kenal ya.
BalasHapusKarna Ini bunda sibuk ya, moga semua berjalan lancar ya Bun.
BalasHapusTernyata di sekolah ada ISO juga ya bun, saya pikir hanya di perusahaan aja...