Selasa, 01 Februari 2011

Jaga Image

Jaga Image ( Ja Im ) pada setiap orang berbeda-beda. Kalau Ja Im yang positip, nggak masalah sih, tapi kalau sudah kearah yang menyebalkan, ini yang paling tidak aku suka.
Sering  kutemui  yang ada disekitarku mereka yang  selalu Ja Im itu, adalah orang - orang yang usianya lebih tua dariku, mereka  kebanyakan  sering banget bersikap Ja Im agak berlebihan juga sih, sehingga kesannya malah angkuh. Mereka yang usia lebih tua selalu Ja Im, karena merasa mereka lebih dari segala hal.

Contohnya, mereka tidak mau memulai tegur sapa terlebih dahulu, menunggu yang lebih muda menyapanya  sambil bersalam dan memberi senyum, barulah dia membalasnya. Emangnya  ada ya aturan baku nya...., yang muda yang harus menegur duluan..??? Kok menurutku nggak begitu deh, bagiku justru yang tua dulu lah yang harus memulainya sebagai contoh atau panutan.

Contoh lainnya, sulitnya mereka menerima pendapat dari orang yang lebih muda dengan asumsi yang muda itu tidak berpengalaman. Jadi di pikiran mereka lah yang lebih berpengalaman. Ih.... nyebelin nggak sih tu ...???

Dan yang lebih parah lagi, ndak mau mengakui atau memberi penghargaan kepada orang - orang  yang mempunyai prestasi yang melebihi dari dirinya (reaksinya... "Ah ...itu biasa-biasanya aja tuh"). Bahkan lebih memperlihatkan ketidak sukaannya. Sepertinya mereka sulit sekali menerima segala perubahan yang terjadi pada orang-orang yang lebih muda darinya. Lagi-lagi dipikiran nya, mereka yang lebih baik.

Sedihnya lagi, mereka sulit sekali mengakui kesalahan dan meminta maaf terlebih dahulu.  Sepertinya gengsi banget untuk meminta maaf, emangnya orang yang lebih tua itu ndak luput dari kesalahan ya ...???

Menurut sobat, Ja Im itu gimana sih  seharusnya...???


7 komentar:

  1. menyapa dulu pada orang lain itu betul baik,tapi kadang timbul keraguan apa yang aku sapa berkenan dihati ngga ya, salam kenal

    BalasHapus
  2. Mungkin bagi orang tertentu, mereka tak bermaksud jaim tapi terlalu malu utk memulai... :)

    BalasHapus
  3. Nah, harusnya utk minta maaf tuh gak usah pakai mikir macem2. Kalau salah... ya langsung minta maaf aja. Iya kan?

    BalasHapus
  4. wah jaim tuh cuman kelakuan orang2 yang nggak pede aja.. biasanya yang jaim itu tipe orang yang sukanya "nunggu", gak ada inisiatif..hehehe

    BalasHapus
  5. namanya jg manusia...rambut sama hitam tapi pendapat beda-beda....

    BalasHapus