Sabtu, 02 November 2013

Sifat Zuhud

Bismillahirrohmanirrohiim




Rahasia Zuhud Imam Hasan Al Basri yang akan saya ingat selalu dalam keseharian ....

"Aku tahu rezekiku tidak akan bisa diambil orang lain. Karena itu hatiku pun jadi tentram"

" Aku tahu amalku tidak akan bisa diwakilkan oleh selainku. Karena itu aku pun sibuk beramal"

" Aku tahu Allah SWT selalu mengawasiku. Karena itu aku malu jika Dia Melihatku diatas kemaksiatan"

" Aku pun tahu kematian menungguku. Karena itu aku mempersiapkan bekal untuk berjumpa dengan-Nya"

Memiliki sifat Zuhud dapat membuat kita memikirkan dan merenungi akhirat. Sifat Zuhud juga mengalahkan hawa nafsu kita . Zuhud dapat menghadirkan perasaan bahwa kenikmatan duniawi tidak boleh memalingkan hati dan zikir kepada Allah subhanahu wata'ala.

Zuhud dapat memberikan pemahaman sepenuhnya bahwa dunia adalah perkara yang tidak ada maknanya dan akan cepat sirna jika dibandingkan dengan yang ada di sisi Allah subhanahu wata'ala. 

Zuhud dapat menghadirkan perasaan bahwa kehidupan di dunia sifatnya hanya sementara, sehingga dalam kehidupan sehari - hari seseorang akan menganggap cukup (kanaah) terhadap rezeki dan ketentuan Allah subhanahu wata'ala. Zuhud melahirkan sikap warak (menjaga diri agar tidak terjatuh kepada yang syubhat), tawakal (berserah diri kepada Allah), sabar, dan syukur.

Semoga saya dapat mengamalkan rahasia zuhud dari Imam Hasan Al Basri tersebut dalam keseharian saya dalam rangka menata diri... manata hati untuk menjadi lebih baik lagi .... menjadi hamba Allah yang taat.

6 komentar:

  1. Dunia membuat manusia melupakan tujuan utama dirinya sbg khalifah dan beribadah..

    BalasHapus
  2. menjadi dan memiliki sifat zuhud dibutuhkan wadah dan hati yang bersih dan jauh dari perkara-perkara yang berhubungan dengan cinta dunia. Selalu mencurahkan dan menyandarkan hati yang terpaut pada Alloh Ta'ala. Sungguh ini bukan perkara yang mudah tapi bisa saja kita lakukan jika kita berjuang bertekad dan memohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas.... semoga kita senantiasa dituntun Allah agar dengan mudah memilki sifat Zuhud

      Hapus
  3. aamiin, semoga kita dimudahkan dalam urusan agama...

    btw, sekarang banyak banget yang menggiurkan Bund, mulai dari fashion, gadget, kendaraan...hehehe, makin susah aja untuk zuhud ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin
      benar banget ujiannya semakin berat.... mengalahkan hawa nafsu

      Hapus