Sabtu, 30 Juli 2011

Agar jasmani dan rohani selalu sehat

Bismillahirrahmanirrahiim,
Assalamu'alaikum ...sobat semua ..^_^

Memiliki tubuh sehat adalah impian setiap orang, banyak cara yang dapat kita lakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga, misalnya mengatur pola makan, olah raga, dan istirahat yang cukup.

Jika kita memiliki tubuh yang tidak sehat, semua yang kita miliki akan tak berarti lagi. Maka di pastikan kita sebaiknya tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Selain dengan mengatur pola makan, olah raga, dan istirahat yang cukup ada rahasia besar dalam menjaga kesehatan tubuh, yakni SHOLAT TAHAJJUD. Manfaat apakah di balik shaolat tahajjud tersebut ?

Sholat Tahajjud adalah shalat yang kita lakukan di 1/3 malam, banyak sekali keistimewaannya diantaranya dari sisi kesehatan, diantaranya :
  • Sholat Tahajjud dapat membantu terbentuknya cakra mahkota menurut tradisi India. Sehingga meningkatkan intuisi dan mengendalikan emosi.
  • Sholat Tahajjud dapat menstabilkan hormon melatonin.

Hormon Melatonin dihasilkan oleh kelenjar Pineal yang terdapat didasar otak. Adapun fungsi hormon melatonin ini adalah :
  • Menjaga keharmonisan metabolisme sel, mempertahankan efisiensi /efektivitas kerja sel, membuat sel tidak mudah rusak sehingga meningkatkan daya tahan sel terhadap berbagai gangguan dari luar.
  • Dapat menghambat peningkatan kolesterol sehingga mencegah pembentukan endapan plak yang menyumbat dinding pembuluh darah sehingga baik digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sebab melatonin cukup efektif dalam proses menetralisir gugus OH yang menjadi sasaran dalam proses penghancuran radikal bebas yang menyerang tubuh, bahkan dalam beberapa riset dikabarkan lebih kuat dibandingkan antioksidan lain seperti vitamin E, C, selenium atau glutation.
  • Mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang terutama terhadap mood.
  • Membantu tubuh memerangi sel-sel kanker seperti pada kanker payudara, kanker prostate, penyakit Parkinson, dan jantung aritmia. Melatonin berperan mendorong aktifitas antioksidan secara optimal di dalam tubuh sehingga mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsinogenik penyebab kanker dan memberhentikan mekanisme pertumbuhannya.
  • Berperan sebagai sistem alami yang mengatur masa penuaan tubuh, melatonin disebut sebagai hormon awet muda. Supaya kondisi awet muda tetap berjalan sesuai dengan tambahnya usia hidup, maka mempertahankan produksi melatonin agar senantiasa optimal sangat penting.
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak sehingga meningkatkan kualitas tidur.

Begitu banyaknya manfaat hormon melatonin ini, maka kita seharusnya mempertahankan dan meningkatkan produksi hormon ini. Kerja Kelenjar Pineal pada malam hari dan puncaknya pada jam 02.00 - 03.00 dini hari. That's Tahajjud time !!! . So... melakukan sahalat tahajjud membantu menstabilkan hormon melatonin ini. Yakin sekali kita semua sudah menjalaninya secara rutin. Maka semakin memberi semangat bagi kita  untuk setiap hari melakukan ibadah ini.

Jika masih ada yang belum melakukannya, ada saran nih, Awal-awal lakukanlah dengan cara melaksanakannya 20 / 30 menit sebelum waktu subuh ( gak berat khan bangun paginya lebih cepat..??) lakukanlah shalat tahajjud 2 rakaat. Lakukan setiap hari, seiring perjalanan waktu, barulah di tingkatkan bangunnya lebih awal lagi, rakaatnya lebih banyak. 

Memang pada  awalnya terpaksa, selanjutnya bisa dan pada akhirnya terbiasa. Jika sudah pada tahap terbiasa, bila pada suatu saat kita tidak melakukannya, akan merasa ada yang sesuatu yang kurang dalam aktivitas harian kita.

Nah... beberapa hari lagi kita akan menjalani ibadah puasa nih, kita sudah pasti harus bangun pada waktu dini hari untuk makan sahur, bagaimana kalau sebelum makan sahur kita awali dulu dengan shalat tahajjud. Jika selama  bulan Ramadhan kita dapat melakukannya secara rutin sebulan penuh, Insya Allah diakhir bulan  Ramadhan kita sudah sampai pada tahap terbiasa. Sehingga setelah bulan Ramadhan berlalu kita sudah  tidak merasa berat lagi untuk melaksanakan shalat tahajjud, apalagi setelah kita tahu manfaatnya sangat baik sekali bagi kesehatan. 

Dan yang sangat teristimewa shalat tahajjud adalah menaikkan derajat diri, Dan sebagian malam bersholat tahajjutlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat terpuji" (Al Israa' 17 : 79).

Ok.... sobat semoga bermanfaat, semoga Ramadhan ini menjadi media bagi kita  untuk   menata diri dan menata hati.

22 komentar:

  1. wow. ternyata dibalik shalat tahajjud tersimpan manfaat yang luar biasa yah, selain juga mendekatkan diri kepada Alloh, juga memohon sesuatu kepada Alloh, juga bisa menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

    memang segala sesuatu yang diperintahkan Allah dan RasulNya tidak ada yang sia-sia

    BalasHapus
  2. subhanallah,..begitu besar ya manfaatnya ..!kayaknya aku harus mulai memaksakan diri utk mencoba mbak,..makasih atas sarannya!
    berlatih sebelum shalat subuh ya?? i'll try it
    met puasa ya mbak,..maafkan kesalahanku jika mungkin ada yg terselip lewat tulisan di blogmu :)

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum Mbak,
    Sbhanalloh semoga dengan tulisan ini semakin banyak orang menyintai dan menegakkan malam dan istiqomah menjalaninya sampai akhir hayat, karena di dalamnya ada surga yang terasakan. Insya Alloh

    BalasHapus
  4. sehat pikiran, perasaan dan perbuatan berdampak pada sehat jasmani dan rohani.

    salam

    BalasHapus
  5. @ Gaphe ... memang segala sesuatu yang diperintahkan Allah dan RasulNya tidak ada yang sia-sia, hanya saja kita masih sering mengabaikannya.

    @ Mbak Kenia... Insya Allah, pasti bisa...

    @ Mas Ies... ya, semoga saja dapat memotivasi banyak orang untuk melakukannya dan istiqomah.

    BalasHapus
  6. hmmm....terima kasih atas ulasan dan uraian tentang sholat tahajjudnya Mbak...sangat bermafaat sekali,,semoga kita tetap bisa istiqomah melaksankannya...Amin

    BalasHapus
  7. sob, dulu saya sering bgd solat tahajud, tiap hari saya lakukan, tapi setelah saya kuliah,
    udah gak pernah lagi tuh. hehe. rasanya pengen ngawali solat tahajud, tapi seperti
    pepatah manusia boleh berencana, tapi iblislah yang menentukan.
    mohon sarannya donk?

    BalasHapus
  8. Sebuah rahasia dan janji yang orang tidak pernah mempercayainya,,, padahal janji tersebut datangnya dari Allah. Tahajjud memberikan banyak janji bagi yang beriman,,, Kesehatan adalah salah satunya, Syurga tujuannya....

    BalasHapus
  9. nice post bu, btw ada saran puasa yg sehat itu gimana jalaninnya? Btw blog aku baru update ni Please visit & criticize ya ttg gaya hidup reduce-reuse-recycle di http://bit.ly/mZQt15 Thanks

    BalasHapus
  10. nice post tan...
    semoga Ical juga bisa menjalankan Ibadah yang menyehatkan itu....

    BalasHapus
  11. Sholat tahajud memang bnyk manfa'at nya,namun syg kadang2 aku tdk sempat mengerjakan nya..Sholat tahajud memang bnyk manfa'at nya,namun syg kadang2 aku tdk sempat mengerjakan nya..

    BalasHapus
  12. Assww.. kaifa haluq ukhti?...

    memang terdapat banyak sekali hikmah di balik sholat tahjud, selain menyehatkan badan sholat tahujud juga banyak sekali fadhilahnya..

    semoga kita semua bisa istiqomh melksankanya amiiin...

    BalasHapus
  13. Terima kasih utk informasinya yg bagus sekali mbak, ternyata banyak juga ya manfaat sholat tahajud. Memang utk memulai sering terasa berat, tapi jika sudah terbiasa maka akan terasa sangat ringan ya?

    Apa kabar mbak..? kangen nih lama gak mampir kesini :)

    BalasHapus
  14. soory yan agak telat, mampir kesini....
    postingan yg sangat indah....dan semakin di ingatkan...makasih ya ..

    BalasHapus
  15. La haw la wala quwwata illa billah,,
    Tersirat sejuta arti di balik sholat tahajjud,,
    andai saja kita mampu untuk mengartikan semua,,..
    makasi atas postingannya,, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  16. Aamiin semoga kita termasuk orang yang rutin dan bersemangat menjalankan sholat malam ya Mbak, dan menjadi biasa saat usai Ramadhan nanti karena manfaatnya yang buanyaaak sekali.

    Terima Kasih sudah berbagi dengan tulisan ini ya Mbak, salam ;)

    BalasHapus
  17. Sepakat sama tulisannya mbak sukma B")
    Enggak bisa komen apa-apa saya udah sepakat banget B)

    BalasHapus
  18. shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu.

    BalasHapus
  19. pagi2 pikiran masih fresh blm ada banyak pikiran he he

    beda sama sholat di waktu lain, sudah banyak pikiran makin susah kusyu

    BalasHapus
  20. betul bun....moga kita termasuk orang2 yang bersemangat untuk beribadah ya bun..meskipun malas datang meyerang harus kita lawan..

    BalasHapus
  21. Segenap Keluarga Besar Ejawantah's Blog mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1432 H.Taqobballahu Minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

    Semoga segala amal perbuatan kita di bulan suci Ramadhan diterima disisi Allah SWT dan kembali kepada fitrahnya.

    Seiring salam dengan kerendahan hati kami berharap sudikiranya sahabat menjemput kartu ucapan dari kami di
    http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/08/kartu-lebaran-idul-fitri-1432-h-untuk.html#comments

    Sukses selalu dan salam untuk keluarga.
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus