Jumat, 06 September 2013

Awali hari dengan Sedekah

Bismillahirrohmanirrohiim


Saat ini di Indonesia lagi ramai-ramai nya berkampaye, ada yang kampanye untuk Calon legislatif, Presiden, Gubenur, walikota, Bupati. Semua menyampaikan janji-janjinya

Saya  mau berkampanye juga ah ....^_^
Tapi yang ini bukan janji  seperti janji Capres, CaLeg, CaGub.

Ingin di do'akan malaikat seperti ini di setiap hari; "Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang bersedekah / berinfaq"
( HR. Imam Bukhari 

Dan mendapatkan janji Allah : 

matsalu alladziina yunfiquuna amwaalahum fii sabiili allaahi kamatsali habbatin anbatat sab'a sanaabila fii kulli sunbulatin mi-atu habbatin waallaahu yudaa'ifu liman yasyaau waallaahu waasi'un 'aliimun 
261. Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah [166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

[166] Pengertian menafkahkan "harta di jalan Allah" meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.
Maka milikilah KENCELENGAN SEDEKAH, agar kita dapat mengawali hari dengan bersedekah. Di pagi hari itu para malaikat yang bertugas di malam hari dan yang bertugas pada siang hari berkumpul dalam waktu bersamaan, dan bersamaan juga ikut mendoakan mereka yang melakukan ibadah di pagi hari.

Mengapa menggunakan KENCELENGAN ? Ini untuk memudahkan bersedekah di awal pagi (waktu subuh) pada waktu itu kesulitan mendapatkan orang yang akan menerima sedekah kita, kecuali laki-laki yang melaksanakan shalat subuh di mesjid dapat langsung memasukkan ke kotak infaq. Alasan berikutnya karena nominalnya tidak banyak, misalnya baru memulai dengan hanya Rp 1000. Nilai itu kalau kita berikan langsung ke penerima sedekah tidak dapat membantu apa-apa, namun lain halnya jika kita kumpulkan selama 1 bulan atau mungkin lebih akan memberi manfaat lebih banyak lagi, apalagi kalau sedekahnya itu BERJEMAAH, yaitu kita menggabungkan sedekah dari beberapa orang, maka semakin banyak yang dapat kita bagikan kepada penerima sedekah. 

Untuk mengoptimalkan sedekah harian tersebut, saya dan beberapa teman telah melakukan sedekah bersama, dengan harapan bisa membantu teman-teman yang memerlukan bantuan, beberapa teman sudah menyalurkan sebagian sedekah kedalam rekening yang saya buat khusus untuk mengumpulkan sedekah dari teman-teman.... ada yang mau ikutan .... yuk gabung ya ke rekening DOMPET SAHABAT BERBAGI..... (melengkapi kampanye sedekahnya nih ....hehehehe)

Hanya memasukkan sedekah senilai Rp 1000 setiap pagi jauh lebih bernilai di bandingkan jika bersedekah Rp 100.O00 hanya sekali sebulan....mengapa..?


Jika bersedekah setiap pagi, berarti 30 kali malaikat ikut mendoakan kita dalam satu bulan, tapi kalau hanya di lakukan 1x saja setiap bulan walaupun nominalnya besar, malaikat hanya satu kali saja yang mendoakan kita.

Seperti janji Allah yang akan melipat gandakan sedekah . Maka semakin besarlah nomimal yang akan Allah kembalikan kapada orang yang bersedekah.... Allah tidak pernah ingkar akan janjinya.

Apakah masih ada yang tidak  tertarik dengan janji Allah ini ? Memulainya memang sulit di lakukan oleh sebagian orang, bukan nomimalnya yang memberatkan, tapi membiasakan diri itulah yang berat, meskipun sudah mengetahui AMALAN yang paling di sukai Allah adalah KONTINYU  walaupun sedikit.

Bagi sebagian orang yang  sudah  membiasakanya bersedekah disetiap pagi dan kemudian merasakan dahsyatnya bersedekah disetiap pagi hari itu maka ia akan berusaha untuk meningkatkan nomimal sedekahnya, karena percaya bahwa berinvestasi dengan Allah memberikan keuntungan yang luar biasa, tidak akan mengalami kerugian, tidak seperti  jika  ikut berinvestasi dengan manusia.

Marilah  kita mulai hari dengan bersedekah di awal pagi, agar Rahmat dan Ridho Allah  serta kemudahan-kemudahan dari Allah mengisi detik demi detik  disetiap hari yang kita lalui.






13 komentar:

  1. ide yang sangat bagus tuh Mbak, menularkan kebaikan dari hal-hal yang sederhana karena dengan itu Insya Alloh bisa memupuk menjadi kebiasaan yang lebih baik, palagi itu berhubungan dengan sedekah

    BalasHapus
  2. yah banyak cara untuk bersedekah, yang terpenting adalah nilai keikhlasannya....

    BalasHapus
  3. "Jika bersedekah setiap pagi, berarti 30 kali malaikat ikut mendoakan kita, tapi kalau hanya di lakukan 1x saja setiap bulan walaupun nominalnya besar, malaikat hanya satu kali saja yang mendoakan kita" bisa di cari di kitab hadis mana ya? apa ini hanya pendapat hariyanti sukma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah kebinasaan kepada orang yang menahan hartanya’.” [HR Bukhari dan Muslim]. Jadi jika setiap pagi bersedekah, maka Malaikat setiap pagi berdoa utk org yg bersedekah tsb.

      Hapus
  4. Seolah kecil tapi dampaknya besar, baik untuk sesama maupun pelakunya. Yuk sedekah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo....mas , meskipun sedikit tapi rutin itu lebih baik

      Hapus
  5. mbak gimana cara sedekah biar ga da yang tau satu orang pun....
    and sedekah yang lebih utama harus ke mana,karna kalo ke mesjid,mesjid udah bagus bagus. .wslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak cara .... bisa saja langsung pd orangnya, misalnya bekunjung ke rumah sakit , kunjungi pasein di ruang rawat bangsal , itu biasanya pasein yg keadaan ekonominya terbatas,

      Hapus
  6. Alhamdulillah kalian telah membuka mindaku kepada amalan yang begini bagus yang tidak pernah ku tahu..besok pasti ku mulai semoga kita mendapat Redha Allah dan segala kebaikannya.

    BalasHapus
  7. sedekah itu Ajaib...:) buktikan sendiri....janji Allah BUKAN janji2 CALEG...janji Allah Nyata

    BalasHapus
  8. Senang aja cari cari akaun no bisa tranfer je melalui internet banking...aku mahu kaya pahala!

    BalasHapus
  9. secara matematika, kita merugi ya Mba.. semoga Allah menaikkan derajat orang-orang yang senantiasa bersedekah. AMin.oya Mba Yanti, jika ingin membuat buku ttg Ayah bisa dimulai dengan:strateginya harus dibuat outline dulu mba. Garis besar tema yang akan diambil per bab. Lalu kembangkan menjadi beberapa halaman. misal satu bab untuk 7-8 halaman ttg perhatian kecil ayah; ttg karakter ayah yg lucu; ttg rahasia kecil ayah; ttg sedekah ayah pd org lain yg tak diketahui; ttg derita ayah dll. kelompokkan mjd satu tema setiap bbrp kumpulan cerita. mk akan menjadi memoriable book yg menarik.

    BalasHapus
  10. Semoga Allah senantiasa meringankan hati dan tangan kita untuk senantiasa bersedekah...

    BalasHapus