Selasa, 11 Januari 2011

Rendah hati


Surah Luqman ayat 18

Ini adalah nasehat Luqman kepada anaknya :



Dan Janganlah kamu memalingkan mukamu dri manusia ( karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang sombong lagi membanggakan diri 

Dari ayat tersebut, jelas sekali Nabi Luqman berwasiat kepada anaknya agar menjadi manusia yang rendah hati (Tawadhu). Dan nasehat ini juga wajib kita amalkan dalam kehidupan sehari, yakni menjadi manusia yang rendah hati.

Rendah hati adalah suatu kesadaran betapa sedikit yang kita ketahui atau kita miliki. Memiliki sifat yang rendah hati akan meningkatkan nilai diri, mengapa ...?
Kerendahan hati menggugah kemauan kita untuk menjadi lebih giat dan banyak belajar, meningkatkan pengetahuan maupun kemampuan.

Kerendahan hati menjadikan kita lebih menghargai kemampuan dan kelebihan orang lain, karena kita sadar betul  betapa sedikit yang kita ketahui atau kita miliki. 

Kerendahan hati menyebabkan orang lain merasa nyaman berada diantara kita, sebab yang punya kelebihan merasa nyaman karena diakui dan dihargai kelebihannya  (tidak terlihat wajah sinis), sedangkan yang mempunyai kekurangan tidak merasa minder karena tidak dilecehkan atau diremehkan tetapi mendapat dukungan untuk menjadi lebih baik.

Banyak kita temui orang - orang yang terlihat biasa - biasa saja tapi dapat menghasilkan karya yang luar biasa, mengapa...? karena orang yang terlihat biasa - biasa saja adalah orang yang telah mengimplementasikan dari sifat kerendahan hati itu. Maka karya yang spektakuler adalah karya yang dihasil  dari  tangan-tangan orang  yang tak di duga-duga.

Kerendahan hati menjadikan kita sangat terbuka sekali terhadap kritikan - kritikan dari siapapun, baik dari orang yang usianya lebih muda atau dari orang terbodoh sekalipun.

Sulit gak ya untuk  mengimplementasikan kerendahan hati itu dalam kehidupan sehari - hari ???




11 komentar:

  1. Semoga aku gak akan lupa diri dan tetap bisa rendah hati mbak... Amin.

    BalasHapus
  2. hemm... jadi adem disini membaca tulisan di atas mbak. Makasih ya.

    BalasHapus
  3. Makasih ya mbak Reni.... aku percaya mbak akan selalu rendah hati, makanya aku merasa nyaman bersama mbak, slalu dapat suport.

    BalasHapus
  4. kadang sulit, kadang tidak..namanya juga manusia pasti punya ego...sehingga ada saatnya jadi sulit merasa rendah hati.

    BalasHapus
  5. rendah hati perlu asal gag sampe rendah diri bener kan mbak iia ??!?! :)

    BalasHapus
  6. Bismillah saja, semoga kita bisa berendah hati di semua lini kehidupan.

    BalasHapus
  7. Jaman ini rada susah juga cari org yang bener2 rendah hati.....salam

    BalasHapus
  8. rendah hati dan ikhlas tentunya iya kan mbak he he he follower dulu lah he he he

    BalasHapus
  9. kerendahan hati membuat seseorang merasa dirinya tidak lebih baik dari orang lain...bersikap sewajarnya aja he he e

    BalasHapus
  10. rendah hati itu perlu, agar kita bisa melihat kebawah dan tidak slalu melihat keatas, dan kita juga lebih bisa care ama sesama kita :)

    BalasHapus