Kamis, 27 Januari 2011

Dimanakah kita temukan jawabannya ...???

Dalam keseharian kita  dan dalam keadaan tertentu sering muncul dihati kita pertanyaan yang selalu mengganjal dihati dan membebani diri. Dan tak tahu harus bertanya pada siapa. Pertanyaan yang sering muncul di benak dan hati kita diantaranya adalah ....  

Kenapa kita di uji ? 
Jawabannya ada pada :
  • Al 'Ankabut ( 2): Apakah manusia mengira bahwa akan dibiarkan hanya dengan mengatakan " Kami telah beriman" dan mereka tidak di uji ?
  •  Al 'Ankabut (3):Dan sungguh ,Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang berdusta. 



Kenapa ujian yang kita hadapi seberat ini ..?
Jawabannya ada pada:
Al Baqarah 286
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupanya. Dia mendapatkan ( pahala ) dari ( kebajikan ) yang dikerjakan dan dia mendapatkan (siksaan) dari ( kejahatan ) yang diperbuatnya. Mereka berdo'a : "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami, jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang kami tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami. Engkau pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir".

Jika  kita dalam keadaan sedih, bagaimana..??
Jawabannya ada pada : Ali Imran (139):
Dan janganlah kamu (merasa), lemah dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya ) jika kamu beriman.

Bagaimana kalau kita tak tahan lagi ?
Jawabannya ada pada  : 
  • Yusuf (87) : Wahai anak-anakku ! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah hanyalah orang-orang kafir.
  • Azzumar (53) : Wahai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri ! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya , sesungguhnya, Dialah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Kenapa terkadang kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan ?
Jawabannya ada pada ; Al Baqarah (216)
Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. 
Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.


Bagaimana kita menjalani hidup ..?
Jawabannya ada pada :
  •  Ali Imran (200) : Wahai orang -orang yang beriman ! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiaga -siaga (diperbatasan negerimu) dan bertawakallah pada Allah agar kamu beruntung.
  • Al Baqarah (45) : Dan bermohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Shalat itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.
  
Pada siapa kita berharap ..??
 Jawabannya ada pada
 At Taubah (129) : Maka jika mereka berpaling ( dari keimanan ), maka katakanlah ( Muhammad ) , " Cukuplah Allah bagiku, tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia Tuhan yang memiliki 'Arsy    (singgasana) yang agung.


Selama ini kita selalu mencari jawaban dari pertanyaan itu kemana-mana, kita sebagai umat Islam jarang sekali memahami makna dari setiap ayat yang ada di dalam dikitab suci kita ( Al Quran ). Sudah saatnya  kita belajar memahaminya karena kita tahu Al Quran adalah pedoman bagi kita dalam menjalani hidup ini.

Ya Allah , bimbinglah hamba dan berilah hamba kemampuan untuk memahami di setiap wahyu yang Engkau turunkan agar hamba tak tersesat.

5 komentar:

  1. Semua pertanyaan dalam hidup ini dapat kita temukan jawabannya dalam Al Qur'an ya mbak...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah... membaca tulisan mbak Sukma ini aku jadi bersemangat kembali menjalani hidup ini. Thanks for sharing ya mbak...

    BalasHapus
  3. Tante pinter sekali... spt guru agama Shasa di sekolah.

    BalasHapus
  4. Makasih yan.....membaca blog mu jd membuat ku lebih dekat lg dengan - NYA.....

    BalasHapus
  5. * Mbak Reni ... iya mbak, apa saja pertanyaan dan harus bagaimana menjalani hidup semua ada di Al Quran.

    * Shasa ... mudah2an bisa bantu Shasa kalo ada PR Agama ..

    # Zita .... smg tetap kuat dan sabar menjalani ujian yg diberikan Allah, smg suami Zita cepat sembuh

    BalasHapus