Sabtu, 27 November 2010

Kebiasaanku ....

Hai ... sobat,  aku mau berbagi  nich tentang kebiasan ku  , dimulai dari pagi hari tepatnya setelah shalat subuh,  aku minum 1-2 sendok makan madu yang dicampur dengan 1 gelas air putih , karena madu banyak sekali manfaatnya , diantaranya membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan,  membantu memperlancar buang air besar, sehingga dapat membantu mengatasi konstipasi/sembelit. Nah ini ..... yang jadi alasan memilih mengkonsumsinya dipagi hari dan yang paling penting lagi adalah sebagai sumber energi yang baik , karena madu terdiri dari fruktosa dan glukosa yang mudah diubah menjadi energi  oleh tubuh.

Untuk sarapan biasanya aku minum segelas jus tomat ,  manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik. Jus tomat bermanfaat meningkatkan kadar glycogen pada liver manusia. Maka liver akan tetap stabil dan sehat ketika kita  harus tetap bekerja keras. Jus tomat manfaatnya banyak sekali.

Jika tidak punya persediaan buah tomat  biasanya aku menggantinya dengan lemon tea hangat apalagi pada saat cuaca ekstrim seperti saat ini , manfaatnya dalam segelas lemon tea mengandung Polifenol.

Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Radikal bebas ada di tubuh kita karena lingkungan udara yang tercemar polusi dan juga dari makanan yang kita makan. 
Vitamin E Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus. 
Vitamin C Vitamin ini berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan bagi tubuh manusia. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit, dan manfaat lain dari lemon tea : memberikan perlindungan bagi pencernaan, karena asam sitrat dalam lemon mencegah timbulnya kerak pada dinding usus. 
Bagi orang lain , ini kebiasan yang aneh karena biasanya orang minum tehnya disore hari , tapi aku merasakan sekali manfaatnya sehingga disaat -saat cuaca yang ekstrim ini , aku tetap fit , tidak gampang flu.  

Lemon tea ini sangat membantuku dalam menurunkan berat badan, karena dengan usiaku yang udah kepala 4  ( 45 th ) ini pertumbuhan yang terjadi tidak lagi keatas tapi kesamping alias lebar, dan kebetulan aku bukan orang yang punya slogan " gemuk adalah simbul kemakmuran " bagiku gemuk sumber penyakit jadi aku berusaha untuk tidak kelebihan berat badan . Lemon tea membantu empedu dalam proses pencernaan lemak, jadi sangat baik sekali kita minum disaat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak maka tidak terjadi penyerapan lemak yang berlebihan.

Untuk menjaga agar berat badanku tetap stabil, aku lengkapi dengan senam 3 x seminggu. Alhamdulillah aku menemukan tempat senam yang cocok sekali dengan keinginanku.   
Olah raga sangat diperlukan sekali bagi setiap orang , hanya saja kita sering terkena penyakit "MALAS", sering kita beranggapan dengan melakukan aktivitas sehari dan sudah mengeluarkan keringat dianggap sama dengan berolah raga, padahal beda banget.

Manfaat  olahraga banyak sekali diantaranya :
  • Meningkatkan kemampuan otak kita.
  • Mengurangi stress
  • Menunda proses penunaan , hasil penelitian bahwa dengan berolah raga 3 jam dalam seminggu dapat menunda proses penuaan sebanyak 10 tahun , anda tertarik dengan penelitian ini ?
  • Meningkat daya tahan tubuh kita
  • Menambah percaya diri   
  • Mencegah Osteoporosis
Aku berterimakasih sekali kepada Mami Lineke , instruktur senamku , berkat dia aku semakin termotivasi untuk rajin berolahraga. Mami Lineke punya program senam sangat bagus sekali cocok untuk ibu-ibu dengan usia diatas 30 tahun. Setiap programnya atau gerakan senam yang diajarkan kepada murid-muridnya selalu diberi tau manfaatnya, sehingga aku semakin senang sekali untuk ikut program beliau. 
Program senam yang diberikan kepada kami diantaranya : Aerobik, Pilatelis , Belly dance, Kegel, Yoga dan BL. Setelah hampir setahun aku melakukan senam yang beliau berikan telah ku nikmati manfaatnya.  


Ok .... sobat  itulah yang aku lakukan dalam keseharianku , semoga sobat juga tertarik mengikutinya , agar tetap sehat dan fit slalu disetiap hari, sesuai dengan slogan sehat  Lebih baik mencegah dari pada mengobatinya .

2 komentar:

  1. hidup anda sangat2 teratur dan terjaga ya

    BalasHapus
  2. hai ...tq ya udah bertamu di disini... salam kenal....

    Ah... anda katakan hidupku teratur ... makasih ya kalo gitu , hanya mencoba pola hidup sehat aja.

    BalasHapus