Kamis, 11 Februari 2010

About Me



Namaku sesuai dengan nama blogku. Aku berprofesi sebagai guru di SMA Patra Dharma Balikpapan. Padahal aku lulusan IKIP Padang. Mungkin ada yang heran kenapa mengajarnya di Balikpapan. Waktu kecilku semasa aku sekolah dasar hingga SMP kelas dua di Balikpapan, Tapi kelas 3 SMP aku kembali ke Padang kota kelahiranku. Dan aku bersekolah diSMP dan SMA Adabiyah .
Tamat SMA awalnya tidak terlintas dipikiranku memlilih IKIP, karena ingin berbeda dengan kakak –kakak perempuanku yang semuanya berpropesi guru ( mau tampil beda gitu loh !) Waktu mengisi fomulir Sipenmaru pilihan pertamaku Farmasi , untuk pilihan kedua atas saran ibunda pilihannya IKIP, dengan pertimbangan beliau untuk perempuan profesi yang cocok “guru”, mungkin karena beliau juga guru . Demi menyenangkan hati ibunda kutulislah pilihan tersebut, ternyata pilihan itulah yang aku dapati. Jadilah profesi turunan.
4 tahun aku kuliah di IKIP jurusan Biologi, dan kujanlani dengan senang hati dan sungguh-sungguh , karena ku yakini ini yang terbaik bagiku. Kuliahku kuselesai September 1989, dan selesai wisuda aku kembali ke Balikpapan untuk mencari pekerjaan .
Sekarang aku mengajar biologi di SMA Patra Dharma , Mengajar itu sangat menyenangkan . Setiap hari suasananya berbeda, candaan murid membuatku sering geli sendiri. Murid-muridku sangat dekat denganku, maka mereka memanggilku dengan panggilan bermacam-macam ( ibu, bunda, mam, mak ) bagiku no problem, it’s OK. Itu cara mereka bermanja padaku.
Sering murid-muridku memperlakukan aku seperti dokter , banyak pertanyaan tentang medis kepadaku. Bagiku jadi tantangan agar aku selalu menambah pengetahuanku . dan sering juga dijadikan guru BP , atau mamanya sendiri ( tempat curhat ), aku bahagia dipercaya mereka tempat mereka “curhat”.
Aku bahagia dengan profesiku ini, aku merasa punya peran kecil bagi Negara ini untuk menyiapkan generasi baru. Guru punya peran penting dalam membentuk generasi baru , Tantangan bagi guru semakin berat dengan perkembangan zaman ini. Harus selalu menambah pengetahuan, karena pengetahuan selalu berkembang.
Setiap hari aku berusaha menjadi guru yang baik , menjadi panutan bagi murid-muridku, Ada kalanya aku menjadi orang tua mereka dan ada kala menjadi teman mereka. Aku tidak ingin menjadi guru ditakuti ( guru otoriter / galak ). Aku ingin kehadiaranku selalu ditunggu mereka. Makanya walaupun aku punya problem, keadaan BeTe, aku harus tetap tersenyum dihadapan mereka.
Semoga peran kecil ini dapat kujalani dengan baik dan iklas.Semoga murid-muridku menjadi orang yang sukses kelak , Amin !

3 komentar:

  1. Salut... Ibu Yanti tampaknya tipe guru yg "motherhood", peniuh kasih sayang dan perhatian..
    Memang, ngga zamannya lagi memainkan jurus galak dan otoriter..
    Kalau siswa sdh merasa kesal pada guru, berarti secara psikis siswa sdh membentuk perisai terhadap guru tsb.. shg apapun yg disampaikan guru tidak akan ditangkap/ditanggapi siswa secara positif..
    Mari menjadi guru yg sebenar GURU...

    BalasHapus
  2. Andai semua guru spt mbak Sukma... wah, murid2 semua pasti semangat tuh belajarnya.

    BalasHapus
  3. nea suka mbak sukmaaaaa!!!
    pretty,nice,sweet,lovely,friendship..COMPLETE;)

    BalasHapus