Sabtu, 22 Oktober 2011

Banyak cara bersilaturahim

Bismillahirrahmanirrahiim, 
Assalamu'alaikum ...sobat semua ..^_^


Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam  bersabda,


مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.”

Silaturahmi merupakan ibadah yang sangat agung, mudah dan membawa berkah. Kita semua diminta untuk tidak melalaikan dan melupakannya. Sehingga perlu meluangkan waktu untuk melaksanakan amal shalih ini. Demikian banyak dan mudahnya alat transportasi dan komunikasi, seharusnya menambah semangat kita bersilaturahmi.

Dengan adanya kemajuan alat komunikasi inilah yang memudahkan kita untuk bersilaturahmi. Ini yang telah dilakukan temanku Boy yang  kerja dilokasi yang jauh dari keluarga. Maka untuk tetap melakukan bersilaturahmi kepada  teman - teman dilakukannya dengan cara berkirim SMS atau menelpon jika mendapat sinyalnya bagus.

Boy rajin banget kirim SMS kepadaku, hampir tiap hari loh. Salut deh sama dia, karena begitu memperhatikan agar terus bersilaturahmi dimanapun dan  dengan cara apapun. SMS Boy banyak berisikan do'a-do'a dan mengingatkan untuk beribadah. Atau jika mendapatkan sinyal yang baik, Boy menelpon untuk menanyakan " Yan..... sehat ? "  atau menanyakan keadaan suami dan anakku dan menanyakan aktivitas ku hari itu.

Kadang-kadang aku sering gak enak hati nih padanya, karena selalu saja dia yang memulainya menelpon atau berkirim SMS. Aku belum pernah yang memulai terlebih dahulu..... duh malu banget nih. Ini nih beberapa SMS Boy yang di kirimkan padaku :


~ As wb …
Bangunlah pada sepertiga malam terakhir dan kerjakanlah shalat tahajjud    mudah2an Allah menempatkan hambaNya pada tempat yang terpuji.
( Ini dikirimkan pada jam 04.00, dan kebetulan saat itu aku baru saja menyelesaikan shalat tahajjud dan menunggu waktu subuh dengan memperbanyak dzikir)

Balasan dari ku ... Alhamdulillah sdh .... Boy, dan ini nunggu waktu subuh sambil dzikir


~ Semoga dengan memperbanyak dzikir Allah memberikan kekuatan dan kesehatan kepada hambaNya
 

~ Hari ini kamis ya Yant, niatkan puasa sunat untuk menambah ibadah

~Sesungguhnya shalat subuh disaksikan oleh para malaikat, semoga diberi jalan kemudahan dan ditempatkan pada tempat yang mulia.
(Dikirim menjelang subuh )


~Slamat pagiii…. Hari yang sibuk semoga segala sesuatunya hari ini akan lancar… Aamin
( Dikirim saat aku baru tiba dikantor)


~Ya Allah yg menguasai waktu DhuhaMU, jagalah saudaraku ini ….. rengkuh dan tuntunlah dia dalam menjalankan amanahMu…. Anugerahilah dia kesehatan, ajari untuk ikhlas dan sabar, bimbing untuk meraih hari ini agar lebih baik dari kemaren dan mudahkan kami meraih rizki…. Aamiin… Aamiin… Aamiin

~Waktu siangMu cahaya bagi hamba2Mu yang selalu membasuh wajahnya dengan Thaharah
 (Dikirim pada siang hari)


~Setelah menunaikan shalat, bertebaranlah kamu di bumiKu dan carialh karuniaKu dan ingatlah kpdKu banyak2 dan semoga kamu beruntung.

Dan banyak lagi SMS yang dikirimkannya, kebanyakan mengingatkan untuk ibadah atau melakukan kebaikan. Itulah cara Boy dalam menjalin silaturahmi. Berkirim do'a kepada teman-teman. "Ingin do’a terkabul ..? Do’akan orang lain" 
Ternyata Boy telah membudayakan itu. Sementara kebanyakkan dari kita  akan menghubungi teman jika  kita mempunyai keperluan saja.

Jujur nih aku jarang melakukan seperti yang telah dilakukan Boy. Jadi dari kebiasaan Boy inilah aku banyak diingatkan agar selalu rajin bersilaturahmi walau jarak yang memisahkan. Bagaimanakah dengan sobat - sobat semua...?






15 komentar:

  1. Indahnya silaturahim dan dahsyatnya do'a orang banyak ;)

    Semoga kita selalu berusaha membudayakan ya Mbak...

    Mbak benar, senangnya jadi guru, mulianya tugasmu ;)

    BalasHapus
  2. Semoga dengan silaturahmi kita semua akan merasakan perubahan melalui proses perjalanan kehidupan ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah memiliki sahabat yang begitu itiqomah menebarkan kebaikan.
    Salah satu agenda paguyuban wali murid di sekolah anak saya adalah saling mengingatkan dengan mengirimkan SMS tiap haru untuk melakukan qiamul lail

    BalasHapus
  4. wahh jauh panggang dari api... biasanya saiia malah ngerecokin orang terus via sms :(

    BalasHapus
  5. aku juga suka malas sms temen kecuali ada perlu. hi hihi..mesti dirubah nih. tks mbak sharenya

    BalasHapus
  6. Jangan menunda silaturahim karena banyak sekali hikmah silaturahim tersebut....

    BalasHapus
  7. kalo saya hanya satu cara bersilaturahim, mengunjungi rumahnya. pake hape, jejaring sosial, lewat media online lainnya bikin saya gak ngerti perasaannya, gak bisa melihat keteduhan matanya

    BalasHapus
  8. Itulah Indahnya bersilahturahmi Ya Mb...

    Ada yang bilang : wajib bagi kita menghadiri Undangan bila kita sudah diundang..kecuali berhalangan yang tidak memungkinkan kita utk pergi.

    BalasHapus
  9. Jadi malu nih soalnya aku sendiri paling malas SMS pada teman2ku hehehe

    BalasHapus
  10. Iya Mbak, silaturahim memang berkah ya ;)

    Salam Kenal Bu Guru.

    BalasHapus
  11. ini aku baru mau memulai silaturahmi ke blog ini

    BalasHapus
  12. walaupun dengan smudah SMS, maka silaturahmi tetep terjaga yah.. duh, saya jarag kirim sms begituan. baca a-pa yang dilakukan Boy jadi pengen coba juga.. sms ke temen-teen lama untuk nyambung silaturahmi :)

    maaf mbak Yanti.. saya juga lama ngga mampir kesini. saya udah 2 bulanan ini nggak bewe kemana-mana. lagi sibuk banget soalnya >.<

    BalasHapus
  13. Kalau saya kurang begitu suka dengan SMS,karena yang saya tahu bersilahturhami yang baik adalah dengan datang ke rumahnya dengn sopan sehingga apa yang kita jalin selama ini lebih kuat

    BalasHapus
  14. senang punya sahabat seperti itu mbak.
    mbak sukma apa kabar? smga baek ya

    BalasHapus
  15. saya berkunjung dan berkomentar disini juga sudah menjadi bagian dari silaturahmi, semoga tali ukhuwah ini ttp bsa terjaga karena mengamalkan suatu kebaikan tdk harus di dunia nyata. hehe... salam

    BalasHapus